Home / News / Kesehatan / Ashanty Terserang Autoimun, Kenali Gejalanya

Ashanty Terserang Autoimun, Kenali Gejalanya


Ashanty Terserang  Autoimun, Kenali Gejalanya

Penyanyi Ashanty baru-baru ini memberikan kabar mengejutkan. Istri Anang Hermansyah ini mengaku baru saja didiagnosa mengidap penyakit autoimun usai melakukan medical check up bersama Dokter Terawan di RSPAD Gatot Subroto.

Kabar mengejutkan tersebut dia bagikan di Instagram miliknya. Melalui unggahan foto dan Instagram Story-nya, Ashanty menceritakan bagaimana kaget dan takutnya dia saat pertama kali didiagnosa menderita autoimun.

"Diagnosa awal kaget banget, aku kena 'auto immune' sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, denger nya aja serem.. googling aja tadi ngeri2 banget," kata Ashanty seperti dikutip dari Instagramnya.

Lalu, apa itu penyakit autoimun? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Healthline, Rabu (9/10/2019).

Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang tubuh Anda sendiri. Jika seharusnya sistem kekebalan tubuh untuk melindungi terhadap kuman seperti bakteri dan virus, autoimun justru membuat antibodi Anda menyerang sel-sel sehat.

Hingga saat ini, belum ada dokter yang dapat memastikan penyebabnya. Namun, sebagian orang lebih rentan mengalami penyakit autoimun karena alasan-alasan tertentu. Salah satunya, gender.

Menurut sebuah studi tahun 2014, wanita lebih banyak menderita penyakit autoimun pada tingkat sekitar 2 banding 1 dibandingkan dengan pria, yakni 6,4 persen pada wanita dan 2,7 persen pada pria. Seringkali penyakit ini bermula pada masa subur seorang wanita, yang rata-rata di usia 15 hingga 44 tahun.

Ada lebih dari 80 penyakit autoimun yang berbeda. Beberapa di antaranya yakni Rheumatoid arthritis (RA), radang sendi psoriatik, Multiple sclerosis, radang usus, hingga Systemic lupus erythematosus (SLE).

Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa gejala yang patut diwaspadai. Mulai dari sering kelelahan, otot pegal, bengkak, kemerahan, demam ringan, sulit konsentrasi, mati rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki, rambut rontok dan ruam di kulit.

Gejala juga bergantung dengan jenis penyakit autoimun. Misalnya, diabetes tipe 1 menyebabkan rasa haus yang ekstrem, penurunan berat badan, dan kelelahan. Kemudian penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD) yang gejalanya meliputi sakit perut, kembung, dan diare.

 

Sumber : Inews.id
Penulis : Siska Permata sari
Editor : Tuti Ocktaviany
Foto : Instagram



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 318

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 151

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 107




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kuliah di Kampus Umar Usman, Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha

    Kampus BisnisUmar Usman, Program Profesional 1 Tahun (D1) Mencetak Entrepreneur Berkarakter, Lets Join Us!

  2. Belum ada komentar

menu
menu