Home / News / Nasional / Analisis Gestur Prabowo Sandi di Pelantikan Jokowi

Analisis Gestur Prabowo Sandi di Pelantikan Jokowi


Analisis Gestur Prabowo Sandi di Pelantikan Jokowi

Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Capres di Pilpres 2019, Prabowo Subianto beserta pasangannya di Pilpres, Sandiaga Uno, datang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Keduanya dinilai menampilkan gestur berbeda saat hadir di pelantikan tersebut.

Pakar gestur dari Paul Ekman International Indonesia, Monica Kumalasari, punya analisis tersendiri terhadap gestur keduanya. Monica mengawali analisisnya dengan melihat ekspresi dan gerakan-gerakan Prabowo saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf dan membandingkannya dengan gestur Prabowo saat 2014.

"Kalau kita lihat dulu dari Pak Prabowo. Beda dari 2014, diisukan bakal ada demo sampai seminggu sebelum pelantikan Pak Jokowi datang ke Hambalang. Nah, bedanya sekarang justru Pak Prabowo yang datang ke Pak Jokowi. Ketika saya melihat gesturnya tadi, terutama di facial expression-nya memang nggak ada beban juga Pak Prabowo sekarang," ujar Monica, Minggu (20/10/2019) malam.

Dia menilai Prabowo terlihat secara ksatria mengakui tak ada masalah lagi soal Jokowi-Ma'ruf yang dilantik sebagai Presiden-Wapres. Namun, gestur yang berbeda disebutnya tampak dari Sandiaga.

"Sandiaga Uno beliau dari zaman debat presiden cium tangan ke yang lebih tua, soal sopan santun Sandiaga sangat bagus. Hanya, yang saya perhatikan adalah di ekspresi wajahnya ketika mendengar pidato Pak Jokowi matanya memang memancarkan senyum, tetapi bibirnya tidak," ucapnya.

"Dari bibirnya itu mengindikasikan, kalau orang senyum di kiri dan kanan itu ada otot-otot yang ketarik lah gitu, tapi tadi pada bibirnya saya menemukan ada shuttle expression di mana emosinya tadi adalah emosi seperti sedih. Mungkin, dugaan saya beliau kan effort-nya sudah luar biasa untuk maju ke kancah ini. Jadi ya tetap ada kekecewaan ya. Saya melihat kalau dari emosinya adalah seperti itu," tuturnya.

Sebelumnya, Prabowo-Sandiaga tampak hadir dan duduk bersebelahan saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf di gedung MPR, Jakarta, Minggu (20/10). Keduanya tampak kompak memberikan hormat saat nama mereka disebut dalam pidato Jokowi.

Setelah itu, Prabowo-Sandiaga juga terlihat memberi selamat ke Jokowi-Ma'ruf. Sandiaga sempat memberi hormat ke Jokowi sebelumnya bersalaman, selanjutnya Sandiaga juga sempat mencium tangan Ma'ruf saat bersalaman.

 

Sumber : Detik.com 
Penulis : Haris Fadhil
Foto : Rifkianto Nugroho



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted J&T Express Arjawinangun, Gratis Jemput Paket DiTempat

    J&T Express, Gratis Jemput Paket DiTempat, melayani kiriman paket dan dokumen. Temukan DP terdekat kami dikota

  2. Belum ada komentar

menu
menu