Home / News / Food / Kota Terbaik Dunia untuk Berburu Street Food

Kota Terbaik Dunia untuk Berburu Street Food


Kota Terbaik Dunia untuk Berburu Street Food

 

Singapura dinobatkan sebagai Kota Terbaik Dunia untuk wisatawan yang terobsesi dengan street food ( jajanan pinggir jalan ), pada tahun 2019.

Hal ini sesuai dengan daftar The World’s 50 Best Cities For Street Food-Obsessed Travellers yang dirilis Majalah CEOWORLD yang merupakan majalah bisnis dengan segmen pembaca kelas atas. Menurut survei tersebut, Bangkok dan Hong Kong masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga. Singapura didaulat sebagai salah satu negara dengan street food paling aman di dunia karena aturan pemerintah yang cukup ketat tentang lokasi dan kebersihan. Hidangan street food di Singapura yang direkomendasikan adalah nasi hainan, sup tulang, dan min chiang kueh (pancake kacang).

Pedagang makanan di Singapura umumnya berkumpul di pujasera (food court) yang tersebar di setiap jalan. Harga makanan di pujasera jauh lebih murah ketimbang di restoran.

Nasi ayam Singapura, kopi tiam, hidangan khas India, kepiting saus cabai, roti cane, dan nasi lemak adalah hidangan khas Singapura yang multietnis. Salah satu street food yang terkenal di Singapura adalah nasi hainan. Nasi hainan khas Singapura ini kerap disebut juga sebagai chicken rice atau Nasi Ayam Singapura. Ayam rebus disajikan dengan nasi gurih. Lalu diberi saus dari kecap asin dan juga sambal cabai hijau tumbuk. Tambahan lagi sup kaldu ayam sebagai pendampingnya. 

Sup tulang, merupakan salah satu street food yang juga terkenal di Singapura. Tulang yang digunakan merupakan bagian engsel sapi. Biasanya sapi yang digunakan diimpor dari Australia. Setiap tulang menyisakan sebagian daging di bagian engsel. Karena di bagian dalam tulang ada sumsum yang lezat. Karena sudah terkena saus merah yang manis gurih, maka rasa sumsum semakin gurih dan nikmat. Jika berpergian ke Singapura, jangan lupa untuk menikmati hidangan-hidangan tersebut.

Data tersebut merupakan hasil survei tahunan terhadap 92.000 pelancong bisnis dan 1.400 agen perjalanan perusahaan di 86 negara yang ditugaskan oleh majalah CEOWORLD. Studi ini dilakukan selama tiga bulan, yaitu dari 18 Juli-19 September 2019. Bali di Indonesia masuk dalam daftar ini dan berada di peringkat ke-45. Urutan 50 kota dengan makanan jalanan terbaik antara lain adalah Singapura, Bangkok, Hong Kong, Ho Chi Minh, Mumbai, Roma, Tel Aviv, Sydney, Kota Meksiko, Portland, Dubai, Chicago, Seoul, Berlin, Paris, Istanbul, Los Angeles, Palermo, Tokyo, dan New Orleans. Cartagena pada urutan berikutnya dilanjutkan Port Louis, Honolulu, San Francisco, Taipei, Marrakech, Rio de Janeiro, New York, Austin, Durban, Kingston, San Juan, Amsterdam, Havana, Fukuoka, Amman, Bogota, Osaka, Budapes, Athens, Miami, Delhi, London , Beijing, Bali, Cairo, Dakar, Sao Paulo, Barcelona, dan Kolkata.

 

Sumber : Kompas.com
Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.j



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 78

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 75

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 70




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu