Home / News / Infrastruktur / LRT Jabodebek Toreh Rekor Dunia

LRT Jabodebek Toreh Rekor Dunia


LRT Jabodebek Toreh Rekor Dunia

 

Kereta ringan atau LRT Jabodebek menorehkan rekor dunia. Mengutip situs resmi LRT Jabodebek, Jumat (1/1/2019), longspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia.

Sebelumnya, LRT di Jerusalem juga memiliki bentang panjang namun secara teknik pembuatannya berbeda. Jembatan di Jarusalem memiliki struktur yang terbuat dari baja dan cable stayed, sedangkan longspan Kuningan menggunakan beton lengkung dan vertikal tendon pertama.

Longspan Kuningan sendiri menjadi kebanggaan bangsa karena desain dan proses pembangunannya diproduksi oleh tenaga ahli dalam negeri. Longspan Kuningan direncanakan akan terhubung dalam waktu dekat ini.

Adapun struktur longspan yang ada pada LRT Jabodebek dapat dijumpai pada gelagar atau girder yang memiliki bentang panjang melebihi girder lainnya. Ukuran normal girder adalah kurang lebih 30 meter.

Tujuan membuat struktur longspan ini adalah untuk mengakomodir lokasi yang membutuhkan girder dengan panjang yang melebihi dari seharusnya. Misalnya jika suatu lintasan harus menyeberang dari satu jalan ke jalan lain, maka harus dibuat longspan sehingga tidak mengganggu jalan yang sudah ada.

Dalam pembangunan LRT Jabodebek, umumnya ukuran bentang panjang menyesuaikan dengan kebutuhan serta panjang dan lebar jalan yang ada di lokasi proyek. Contohnya, pada salah satu lintas pelayanan LRT Jabodebek tepatnya di daerah Kuningan, bentang panjang dapat mencapai 86,5-148 meter.

Bentang panjang pada salah satu lintas pelayanan ada yang membentuk melengkung, namun ada juga yang lurus dan di bawahnya terdapat kendaraan berlalu lalang di jalan raya.

 

Sumber : Detik.com/Eduardo Simorangkir



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Jorge Lorenzo Puji Bali Setinggi Langit

access_time03 Desember 2019 18:14:04

Erick Thohir Heran Banyak BUMN Punya Hotel

access_time03 Desember 2019 17:43:52

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 125

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 113

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 103




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu