Home / News / Food / Keju Berkualitas Asli Boyolali yang Diburu Wisatawan

Keju Berkualitas Asli Boyolali yang Diburu Wisatawan


Keju Berkualitas Asli Boyolali yang Diburu Wisatawan

Kabupaten Boyolali dikenal sebagai salah satu produsen susu segar terbesar di Indonesia. Saking melimpahnya, Boyolali sampai dijuluki sebagai Kota Susu. Bagaimana tidak, jumlah populasi penduduknya saja kalah jauh dengan populasi sapi yang ada di daerah tersebut. Menyadari potensi yang dimiliki oleh daerah kelahirannya, Noviyanto memberanikan diri untuk memproduksi keju yang ia beri nama Keju Indrakila.

"Tujuan awalnya menginisiasi agar Boyolali tidak hanya identik dengan susu, tapi kreasinya menjadi lebih beragam. Maka lahirlah Keju Indrakila ini," tutur Romy Anjas Arvyanto, Manager Marketing Keju Indrakila, kepada Okezone di Boyolali, Jawa Tengah baru-baru ini.

Mengingat proses produksi masih menggunakan teknik manual, saat ini Keju Indrakila hanya mampu memproduksi olahan keju natural. Bahan dasarnya menggunakan 99,9% susu sapi segar lokal yang kemudian dicampur dengan garam dan bakteri khusus.

Seperti diketahui, olahan keju sendiri memang terbagi dua jenis yakni, keju natural dan olahan. Romy menjelaskan, sebagian besar keju yang sering kita temukan di pasaran merupakan keju olahan. Proses produksinya jauh lebih kompleks, karena menggunakan berbagai macam bahan tambahan, termasuk keju natural.

"Keju natural itu, pasarnya masih didominasi wisatawan asing. Masyarakat di sini masih sangat awam soal keju dan rasanya. Tapi belakangan mulai ada resto-resto lokal yang membeli keju mozarella," papar Romy.

Keju Indrakila menjual 8 olahan keju natural antara lain, keju mountain chili, keju mozzarella, keki mountain original, keju feta blackpaper, keju feta olive oil, dan boyobert yang menjadi produk andalan mereka.

Boyobert merupakan jenis keju seperti camembert, tapi sengaja diubah namanya dari gabungan kata Boyolali dan camembert. Keju ini bisa dimakan langsung atau disantap dengan biscuit cracker.

"Waktu keju Boyolali muncul, rasanya memang sangat deket dengan keju impor. Sangat cocok untuk pizza," ujar Romy.

Sejak didirikan pada 2016 silam, Keju Indrakila juga membuka peluang bagi warga lokal yang ingin mempelajari lebih jauh lagi tentang produk-produk hasil kreasi susu sapi segar. Ia pun berharap ke depannya, banyak warga yang menyadari bahwa susu sapi bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Sekali waktu kami bikin menu-menu olahan keju yang dikasih kepada konsumen sebagai tester. Harus pelan-pelan, karena mengubah pola pikir warga agak susah. Peternak sapi di sini rata-rata sudah lansia, jadi mereka sudah terbiasa dengan cara-cara lama," pungkasnya.


Sumber : Okezone.com/Dimas Andhika Fikri



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 129

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu