Home / News / Food / Ackee, Buah Beracun yang Jadi Makanan Pokok di Jamaika

Ackee, Buah Beracun yang Jadi Makanan Pokok di Jamaika


Ackee, Buah Beracun yang Jadi Makanan Pokok di Jamaika

 

Buah yang satu ini bentuknya mirip apel, berasal dari Afrika dan terkenal beracun. Tetapi orang-orang dari benua itu justru gemar mengonsumsinya sebagai makanan pokok. Ackee adalah buah eksotik yang hanya bisa tumbuh di benua Afrika. Menurut Wikipedia buah tropis ini banyak dijumpai di negara-negara Afrika barat seperti Kamerun, Gabon, Benin, Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Senegal.

Ackee sebenarnya masih bersaudara dengan buah lengkeng dan leci, merupakan buah yang umum dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh orang Jamaika. Penggunaan ackee dalam kuliner Jamaika sangat sering ditemui. Ackee bahkan diklaim sebagai buah nasional Jamaika. Ackee bisa dimakan dalam keadaan matang maupun mentah. Hidangan ackee yang paling populer adalah ackee rebus disajikan dengan ikan cod yang sudah diasinkan. Menu ini juga disebut-sebut sebagai hidangan nasional Jamaika.

Walaupun biasa dimakan, buah ini sebenarnya beracun. Biji buah ackee yang berwarna hitam dan tersembunyi dibalik daging buahnya mengandung racun hypoglycin yang bisa mengakibatkan mual dan muntah akut. Dalam kondisi terburuk racun ini dapat membuat orang koma atau meninggal dunia.

Tetapi pengalaman selama berabad-abad tampaknya membuat orang-orang Jamaika ahli dalam mengolah buah ini agar racunnya tidak sampai membahayakan orang yang mengonsumsinya. Sama seperti umbi gadung dari Indonesia, sebenarnya jika diolah dengan benar, racun hypoglycin dalam ackee bisa dinetralisir. Sebelum dimasak, ackee harus dibersihkan dan dicuci sampai bersih terlebih dahulu.Ackee kemudian direbus selama kurang lebih lima menit. Setelah airnya dibuang, ackee bisa diolah sesuai selera.

 

Sumber : Merdeka.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 129

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu