Home / News / Kesehatan / Lima Cara Mudah Mencegah Otak Menjadi Tumpul

Lima Cara Mudah Mencegah Otak Menjadi Tumpul


Lima Cara Mudah Mencegah Otak Menjadi Tumpul

Otak merupakan bagian paling penting dalam tubuh manusia. Organ tubuh ini mengontrol pikiran, ingata, bicara, serta sejumlah organ tubuh lain di dalam tubuh.

Untuk menjaga otak tetap bekerja secara optimal, otak memerlukan cadangan tenaga 20 persen. Kekurangan nutrisi penting di dalam tubuh bisa menyebabkan otak menjadi tumpul dan kemampuan kognitif menurun.

Perubahan yang kamu lakukan bisa menjadi cara tepat untuk mengatasi penurunan dalam otak. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan otak terkait kapabilitas kognitif.

Gaya hidup kurang olahraga, minum berlebihan, serta menghindari kehidupan sosial bisa menjadi hal yang mencederai fungsi otak. Dilansir dari The Health site, berikut sejumlah cara meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan kognitif.

Meningkatkan Aktivitas Mental
Pakar menyatakan bahwa aktivitas mental yang konstan bisa membuat otak tetap siaga. Agar otak dapat bekerja secara efisien, kamu bisa belajar keterampilan baru, mencari hobi baru, atau belajar bahasa baru.

Tidur Nyenyak Malam Hari
Kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi kognitif dan berujung hilangnya konsentrasi, pelupa, serta ketidakmampuan belajar. Tidur nyenyak selama enam hingga delapan jam setiap malam bisa membantu menyegarkan otak dan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kesehatan jantung merupakan hal penting untuk menjaga fungsi otak. Masalah jantung seperti hipertensi bisa menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkanmu menua lebih cepat. Kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes bisa meningkatkan risiko demensia.

Meditasi
Meditasi bisa membantu menurunkan stres dan mengatasi masalah yang berhubungan dengannya. Hal ini bisa meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan persepsi, ingatan, dan perhatian.

Konsumsi Makanan yang Tepat dan Olahraga
Konsumsi makanan sehat bisa meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan fokus yang kamu miliki. Selain makanan sehat, kamu juga harus berolahraga untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak.

Beragam cara tersebut bisa membuatmu tetap aktif dan bugar baik di dalam pikiran maupun dalam aktivitas sehari-hari. Hal tersebut bisa membuatmu terhindar dari masalah otak yang menjadi tumpul.


Sumber : Merdeka.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 197

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 202

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 178




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted J&T Express Arjawinangun, Gratis Jemput Paket DiTempat

    J&T Express, Gratis Jemput Paket DiTempat, melayani kiriman paket dan dokumen. Temukan DP terdekat kami dikota

  2. Belum ada komentar

menu
menu