Home / News / Kesehatan / 2 Hal yang Bisa Lindungi Diri dari Virus Corona

2 Hal yang Bisa Lindungi Diri dari Virus Corona


2 Hal yang Bisa Lindungi Diri dari Virus Corona

 

Walau belum ditemukan vaksin yang bisa mengatasi maslaah virus Corona penyebab pneumonia Wuhan, namun ada langkah yang bisa kita lakukan. Para ahli kesehatan Tiongkok menyarankan semua orang yang berisiko untuk menggunakan masker wajah dan sering mencuci tangan.

"Dua hal ini bisa melindungi kita dari novel coronavirus (2019-nCoV)," kata Huang Ching-tai, kepala Divisi Penyakit Menular, Departemen Penyakit Dalam di Rumah Sakit Linkou Chang Gung Memorial yang berbasis di Taipei, seperti dilansir Focus Taiwan.

Menurut Huang, virus Corona disebarkan melalui transmisi kontak yang berarti petugas medis yang terinfeksi mungkin telah menyentuh droplet (percikan cairan liur/dahak) seorang yang terinfeksi.

Meski demikian, Huang mengatakan tidak perlu menggunakan masker N95 untuk mencegah penularan virus corona karena hal ini justru akan membuat pengguna semakin kesulitan bernapas.

Sejauh ini kasus-kasus virus corona juga telah dilaporkan di Thailand, Vietnam, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Singapura.

Data terbaru, China mengkonfirmasi 830 kasus dengan 26 diantaranya meninggal dunia. Taiwan 1 kasus. Jepang 2 kasus. Thailand 4 kasus, Hong Kong 2 kasus, Macau 2 kasus, Korea Selatan 2 kasus, Amerika 1 kasus, Vietnam 2 kasus dan terbaru Singapura 1 kasus.

Kenali Gejalanya
Mengutip laman CNN, Ilmuwan Leo Poon, yang pertama kali mendekodekan virus corona berpikir kemungkinan penyebaran penyakit itu berawal dari binatang dan menyebar ke manusia.

"Apa yang kita ketahui adalah virus itu menyebabkan pneumonia dan kemudian tidak bisa diobati dengan antibiotik. Tidak jelas seberapa mematikan virus corona Wuhan itu, tetapi tingkat kematian saat ini lebih rendah daripada MERS dan SARS. Para ahli menekankan bahwa itu akan berubah ketika wabah berkembang," kata Poon yang merupakan ahli virus di School of Public Health di Universitas Hong Kong.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini telah menawarkan panduan kepada seluruh negara di dunia untuk bersiap mengantisipasi virus tersebut.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), gejala virus corona dapat muncul dengan penyakit saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa.

Gajala lainnya termasuk:

pilek,
batuk,
sakit tenggorokan,
mungkin juga disertai sakit kepala dan mungkin demam, yang dapat berlangsung selama beberapa hari.
Bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, orang tua dan anak-anak, ada kemungkinan virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius, seperti pneumonia atau bronkitis. Dan terpenting mengetahui riwayat perjalanan dan kontak orang terinfeksi.


Cara Penularan
Virus ini menular dari manusia ke manusia, seringkali terjadi ketika seseorang berhubungan dengan sekresi orang yang terinfeksi, seperti tetesan batuk, bersin, atau berjabat tangan. Virus ini juga dapat ditularkan dengan menyentuh sesuatu yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata Anda.

 

Sumber : Merdeka.com

 

 



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 245

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 232

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 226




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu