Home / News / Kesehatan / Rasa Nyeri dan Sakit di Gigi Ternyata Mekanisme Pertahanan

Rasa Nyeri dan Sakit di Gigi Ternyata Mekanisme Pertahanan


Rasa Nyeri dan Sakit di Gigi Ternyata Mekanisme Pertahanan

 

Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang penting untuk aktivitas sehari-hari. Bagian tubuh ini sangat dalam kegiatan sehari-hari seperti makan dan lainnya.

Walau begitu, pada gigi kadang bakal muncul suatu perasaan tidak nyaman. Rasa nyeri yang muncul pada gigi nan sensitif ini ternyata bisa disebabkan karena suatu alasan tertentu.

Dilansir dari Live Science, nyeri di gigi merupakan mekanisme pertahanan yang menunjukkan ketika gigi tengah cedera. Julius Manz, direkur program kebersihan gigi dari San Juan College, Farmington, New Mexico mengungkap bahwa kita perlu menyadari hal ini dan melakukan sesuatu hal terkait respons ini.

"Ketika kamu mengonsumsi sesuatu yang terlalu panas atau mengunyah sesuatu yang terlalu dingin, atau ketika gigi mengalami masalah hingga jaringan di dalamnya tampak, semua hal tersebut bisa menyebabkan nyeri dan hal itu kemudian membuat seseorang tidak menggunakan gigi dengan tujuan untuk melindunginya. Jadi, hal ini sesungguhnya merupakan mekanisme perlindungan," terang Manz.

Ketika gigi tidak mengalami rasa sakit ini, kita mungkin melakukan hal yang bisa berdampak buruk padanya. Pada orang dewasa, mencederai gigi ini bisa menjadi masalah karena ketika tanggal, kita tidak dapat lagi menggantinya.

Gigi memiliki tiga lapisan dengan hanya bagian paling dalam yang bisa merasakan sakit. Bagian paling dalam gigi ini memiliki pembuluh darah serta saraf sehingga bisa memunculkan rasa sakit ini.

Ketika seseorang yang memiliki gigi sensitif mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin dan panas, saraf gigi tidak merasakan temperatur ini. Hal ini berubah menjadi rasa sakit atau nyeri yang muncul ketika mereka mengonsumsi dengan suhu terlalu dingin atau panas.

Walau bagian inti gigi mengandung saraf, tidak hanya bagian gigi ini yang menjadi penyebab rasa sakit. Ligamen periodontal yang menyambungnya gigi dan rahang serta merasakan perubahan posisi ketika mengunyah juga bisa merasa sakit.

"Siapapun yang pernah menjalani perawatan ortodontik bakal mengaku gigi mereka sakit. Sensasi ini terjadi karena ligamen periodontal," terang Manz.

Sumber : Merdeka.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 245

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 232

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 226




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu