Home / News / Nasional / dr. Reisa Beberkan Cara Jepang dan Taipei Taklukkan Corona Tanpa Lockdown

dr. Reisa Beberkan Cara Jepang dan Taipei Taklukkan Corona Tanpa Lockdown


dr. Reisa Beberkan Cara Jepang dan Taipei Taklukkan Corona Tanpa Lockdown

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Reisa Broto Asmoro membeberkan bagaimana sejumlah negara sukses menangani kasus virus corona tanpa menerapkan lockdown. Reisa mencontohkan Jepang dan China Taipei sebagai negara yang sukses melawan virus corona tanpa lockdown.

Berdasarkan penelitian LIPI, Jepang meski tak menerapkan lockdown tapi melawan virus corona dengan melakukan deteksi dini terhadap kelompok rentan dan mengimbau masyarakatnya untuk menghindari kontak fisik. Hal itu, kata dia, efektif karena imbauan pemerintah dipatuhi masyarakat. 
"Menurut peneliti kewilayahan LIPI, Jepang tidak menerapkan lockdown seperti beberapa negara lain, tapi memberlakukan deteksi dini terhadap kelompok rentan dan social conformity, hindari keramaian dan kontak fisik," kata dr Reisa dalam konferensi pers di Kantor Gugus Tugas, Jakarta, Jumat (12/6). 
"Hindari salaman dengan orang lain agar tidak bertemu dengan banyak orang di ruang sempit, dan dipatuhi banyak orang di sana," imbuhnya.

Social conformity adalah kepatuhan terhadap aturan otoritas pemerintah. Mereka yang patuh dan disiplin menaati anjuran PSBB #dirumahaja termasuk kelompok ini. 

"Kami terima kasih banyak karena mereka yang berjasa menurunkan angka penularan di beberapa daerah termasuk Jakarta di bawah rata-rata 1," lanjutnya. 
Sementara di Taipei, dokter yang merawat pasien positif melakukan pemantauan tanpa kontak terhadap masyarakatnya. Hal inilah yang membuat Taipei berhasil menangani virus corona tanpa memberlakukan lockdown, tanpa membuat tenaga kesehatan terpapar corona. 
"Dokter di Taipei buat sistem pemantauan tanpa kontak, untuk kurangi risiko terpapar COVID. Menurut Kementerian RI, orang yang paling berisiko tertular adalah orang yang kontak erat dengan pasien, termasuk mereka yang rawat pasien," tuturnya. 
dr Reisa pun meminta masyarakat untuk benar-benar memperhatikan cara berinteraksi satu sama lain. Apalagi masa inkubasi virus corona terjadi dalam 2-14 hari. 

Sumber : Kumparan.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 238

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 120

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu