Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Abon Gulung, Kelembutan Khas Papua

Abon Gulung, Kelembutan Khas Papua


Abon Gulung, Kelembutan Khas Papua

Untuk Anda yang kebetulan singgah di kota Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat, ada oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang dari sana, yaitu Abon Gulung. Sepotong roti berbentuk bulat lonjong tersaji di atas piring putih. Berwarna kecoklatan dengan tumpukan abon yang terbungkus kulit roti. Aroma gurihnya terpancar menggugah rasa. Taburan wijen mempercantik tampilannya. Serpihan-serpihan daging kecil dan daun bawang berjatuhan di sekelilingnya membuat Abon Gulung ini semakin mengundang selera.

Abon Gulung merupakan makanan yang terkenal di Manokwari. Bahkan, wisatawan yang berasal dari luar Papua pun banyak yang rela datang jauh hanya untuk membeli oleh-oleh kuliner Papua ini. Panganan ini asli berasal dari Manokwari, begitu pun dengan variasi-variasi lain yang dikembangkan dari Abon Gulung ini.

Dinamakan Abon Gulung karena pada dasarnya jajanan ini adalah abon yang dibungkus dalam gulungan roti. Abon ini sangat lembut ketika digigit, namun sangat padat ketika dikunyah. Begitu padatnya, hingga menyantap satu potong saja sudah membuat perut kenyang. Walau membuat kenyang, rasanya yang unik tidak akan membuat bosan untuk melahapnya.

Abon Gulung terdiri dari bahan utama abon sapi khas buatan industri rumahan dan dalam pengembangannya mempunyai beberapa variasi cita rasa. Misalnya, ada Abon Gulung rasa pedas, asin, coklat, isi sosis atau Abon Gulung yang diberi susu dalam penyajiannya. Berbagai variasi ini dimaksudkan agar para penikmat kuliner ini tidak bosan dengan satu macam jenis Abon Gulung saja.

Biasanya, Abon Gulung dijual dengan berbagai macam penyajian. Umumnya, para pembeli yang membelinya sebagai buah tangan akan ditawari dengan kemasan karton berukuran kecil dan berisi 10 potong hingga yang terbesar berisi sekitar 30 potong. Harganya pun beragam tergantung pesanan dan kualitas abonnya, yang pasti kemasan mini Abon Gulung dapat dibeli dengan harga sekitar Rp.80.000. Harga ini memang termasuk mahal, namun bila kita kembali melihat kualitas dan rasa panganan ini, harganya sebanding dan layak untuk dibayarkan.

Abon Gulung ini bisa Anda dapatkan di Hawai Bakery & Coffee Shop di Jenderal Sudirman No 100, Manokwari atau di Bandara Rendani Manokwari. Dari segi ketahanan, Abon Gulung bisa awet sampai seminggu, tinggal dipanaskan jika ingin dinikmati.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber.



Pariwisatapariwisata lainnya

Observatorium Bosscha, Museum Astronomi

access_time26 Oktober 2016 13:21:13 folder_open 1.400

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 2.315

Museum Angkut, Jejak Transportasi Dari Masa ke Masa

access_time10 Mei 2019 23:41:33 folder_open 46

Kulinerkuliner lainnya

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 4.361
Sate Maranggi, Minim Bumbu Namun Kaya Rasa

Sate Maranggi, Minim Bumbu Namun Kaya Rasa

access_time 14 Maret 2019 14:31:44 folder_open 91
Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

access_time 09 Mei 2019 13:22:26 folder_open 52




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu