Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Kepiting Kenari, Ikon Kuliner Balikpapan

Kepiting Kenari, Ikon Kuliner Balikpapan


Kepiting Kenari, Ikon Kuliner Balikpapan

Berkunjung ke Balikpapan Kalimantan Timur rasanya tidak sah jika tidak mencicipi kepiting Kenari. Ada dua restoran kenamaan yang biasanya disebut oleh warga setempat. Namun kebanyakan merekomendasikan Restoran Kenari ( Kepiting Saos ). Kabarnya tempat ini menjadi pelopor rumah makan kepiting di kota terbersih peraih 18 kali Adipura ini. Restoran ini terletak di Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 5, Balikpapan.

Menurut warga lokal yang kami temui, restoran Kenari konon memakai kepiting kenari atau kepiting kelapa. Kepiting tersebut gemar mengonsumsi buah kelapa segar. Restoran Kenari selalu ramai dikunjungi setiap harinya, baik oleh warga sekitar maupun pengunjung yang sedang berlibur ke Balikpapan.

Dilihat dari namanya sudah kelihatan bahwa restoran ini memiliki menu olahan spesial kepiting. Menu pilihannya berupa Kepiting Saus Lada Hitam (terlaris), Kepiting Saus Tiram, Kepiting Tanco, Kepiting Rebus dan Kepiting Goreng. Hidangan kepiting rebus tampak berwarna merah segar dengan asap mengepul di atasnya. Tercium aroma gurih khas kepiting. Dagingnya terasa agak manis dan bertekstur lembut. Hidangan kepiting rebus ini juga diberi pelengkap saus kemerahan. Saus cocolan encer tersebut bercita rasa manis dan sedikit pedas.

Kepiting saus lada hitam yang menjadi favorit disini juga tak kalah menggiurkan, warna sausnya begitu hitam dan pekat. Saus lada hitam yang bertekstur encer mempunyai rasa gurih dan pedas, cita rasa lada hitamnya begitu kuat. Saus lada hitam menyisakan rasa tersengat di lidah setelah menyantapnya. Menu ini cocok bagi Anda penyuka pedas. Bagi yang tak ingin makan kepiting, ada juga menu lain di sini seperti olahan ikan, udang, cumi-cumi, ayam dan sayuran.

Harga satu porsi kepiting jantan berkisar Rp 125.000 dan satu porsi kepiting betina berkisar Rp 150.000, satu porsi bisa untuk tiga orang. Perbedaan dari kepiting jantan dan betina adalah telurnya. Kepiting yang ada di rumah makan ini bisa dijadikan oleh-oleh buat Anda yang berpergian karena daya tahannya lama, bias sampai 2-3 hari. Anda dapat melakukan pemesanan sehari sebelumnya. Jangan khawatir untuk aromanya jika Anda berada dalam pesawat, karena kepiting yang dibawa akan dikemas dengan kantong plastik di dalam kotak kardus.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber.



Pariwisatapariwisata lainnya

Pesona Mistis Wisata Goa Pindul

access_time27 Januari 2017 14:31:15 folder_open 1.146

Sunset di Benteng Amsterdam

access_time21 Februari 2019 11:19:25 folder_open 163

Pantai Krakal, Deretan Pasir Putih Dan Batu Karang Yang Indah

access_time03 Januari 2017 14:54:21 folder_open 1.492

Kulinerkuliner lainnya

Sate Kuda, Empuk Rasanya Hebat Khasiatnya

Sate Kuda, Empuk Rasanya Hebat Khasiatnya

access_time 09 Mei 2019 19:08:36 folder_open 64
Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

access_time 10 Mei 2019 22:39:09 folder_open 63
10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

access_time 27 November 2018 14:34:53 folder_open 409




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu