Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Ayam Betutu, Sajian Pedas Khas Pulau Dewata

Ayam Betutu, Sajian Pedas Khas Pulau Dewata


Ayam Betutu, Sajian Pedas Khas Pulau Dewata

Di Indonesia banyak ragam olahan kuliner berbahan utama ayam dan bebek. Salah satunya yang terkenal adalah betutu. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh yang berisi racikan bumbu. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. 

Salah satu produsen betutu adalah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tetapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran.

Pelopor dari ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar di tahun 1976. Cara memasaknya pun cukup unik dimana ayam akan diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. 

Racikan bumbunya terdiri dari  jeruk nipis, minyak kelapa, serai, ketumbar, merica hitam, kemiri, jahe, kencur, kunyit, lengkuas, cabe merah, cabe hijau, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut dan gula merah.

Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api.

Aroma masakan yang dimatangkan dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara memang berbeda dengan sajian yang proses pematangannya tidak dengan dibakar. Aroma asap masakan yang berbaur dengana roma bumbu menjadikannya terasa lebih nikmat.

Berikut beberapa tempat di Bali yang menyajikan ayam betutu dengan cita rasa istimewa :

Ayam Betutu Pak Man. Tempat makan ayam betutu di Bali ini sudah menjadi salah satu warung paling ngehits. Sajian ayam betutunya memang menjadi ciri khas tersendiri. Kamu bisa menikmati ayam betutu yang pedas dan gurih, dengan aroma sereh dan kunyit yang khas. Lokasi: Jl. Kubu Anyar, Tuban, Bali. Kontak: (0361) 8002000. Harga: Mulai dari 60,000 IDR per satu ekor ayam

Ayam Betutu Bu Oki. Tempat makan warung betutu di Bali yang juga populer di kalangan pecinta wisata kuliner. Warung Bu Oki menawarkan ayam betutu, yang ditemani nasi putih hangat, pindang telur, lawar dan ati-ampela yang pedas. Yang menjadikan ayam betutu di Warung Bu Oki melegenda adalah bumbu ayam sayur yang dituang di atas ayamnya, yang dijamin menggugah selera. Lokasi: Jalan Celagi Basur No. 3Y, Jimbaran, Kuta Selatan, Bali. Kontak: (0361) 8052059. Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Ingin menikmati kuliner yang pedasnya bikin lidah terbakar, ayam betutu khas Gilimanuk bisa menjadi salah satu opsi yang direkomendasikan. Sajian ayam betutu di sini memang sangat pedas, sudah pasti akan meninggalkan sensasi sedap dan nikmat yang menggoyang lidah. Lokasi: Jl. Raya Tuban No. 2X, Tanjung , Tuban, Bali. Kontak: (0361) 7983272. Harga: Mulai dari 24,000 IDR per porsi.

Ayam Betutu Men Tempeh. Bagi yang datang ke Bali lewat jalur darat melalui Gilimanuk seharusnya tidak melewatkan tempat makan ayam betutu di Bali yang satu ini. Lokasinya cukup dekat dengan pelabuhan Gilimanuk, bahkan bisa dikatakan berada di jalur utama. Jika menyempatkan mampir, kamu bisa menikmati sajian ayam betutu yang pedas, namun nikmat dan pasti bisa menjadi start yang mantap untuk liburan kamu di Pulau Dewata.. Lokasi: Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Kontak: 0852-3844-4335. Harga: Mulai dari 28,000 IDR per porsi.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber : Wikipedia, najichahshinta.blogspot.com, igustiayusriseptiani.blogspot.com, notepam.com, tripzilla.id, chanelmuslim.com.



Pariwisatapariwisata lainnya

Kapal Apung PLTD, Jejak Sejarah Tsunami Aceh

access_time07 Maret 2019 22:35:34 folder_open 222

Pulau Kunti yang Tak Seseram Namanya

access_time05 Agustus 2017 22:18:13 folder_open 986

Bersua Prajurit Siliwangi di Cibulan

access_time06 Februari 2019 13:13:03 folder_open 395

Kulinerkuliner lainnya

Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

access_time 10 Mei 2019 18:53:08 folder_open 146
Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.708
Rujak Cingur, Sajian Khas Berselera Kota Pahlawan

Rujak Cingur, Sajian Khas Berselera Kota Pahlawan

access_time 14 Agustus 2019 11:41:18 folder_open 43




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu