Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda


Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

Sedang liburan ke Surabaya?  Wah, rugi kalau tidak menyicipi kuliner khas di sana. Nah, salah satu makanan yang terkenal lezat di ibukota Jawa Timur ini adalah Llontong Kikil Sapi. 

Lontong Kikil Sapi berbahan baku kikil sapi yang diolah dengan campuran bumbu dan rempah seperti daun salam, lengkuas, santan, minyak goreng, garam, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, serta kemiri. Saat disajikan, olahan daging kikil sapi yang berkuah ditaburi dengan daun bawang, bawang goreng, dan emping. Sementara potongan-potongan lontong di tempatkan di piring. Sebagai pelengkap, tersedia juga sambal kemiri dan irisan jeruk nipis.

Traveller tiidak perlu khawatir karena warung makan yang menyediakannya cukup banyak, bahkan beberapa sudah melegenda di kalangan pecinta kuliner. Nah, di mana saja sih warung lontong kikil sapi lezat ini? 

Bagi pecinta kuliner yang menginginkan olahan kikil yang lebih pedas coba sesekali ke Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang. Kuahnya lebih merah dari kebanyakan lontong kikil biasanya. Seperti olahan lontong kikil biasa, Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang juga dilengkapi dengan irisan daun kucai yang jumlahnya banyak. Tak lupa tulang sapi dan lontong sebagai hidangan pendampingnya. Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang beralamat di Jalan Pucang Anom Timur No.32, Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka pukul 17.00–23.00 WIB dengan harga satu porsi Rp.22.000.

Berbeda dengan warung-warung kikil sebelumnya, Lontong Kikil Sapi Bu Sugeng buka saat pagi di mana para pengunjung biasanya datang untuk sarapan. Lontong Kikil Sapi Bu Sugeng memiliki kuah yang merah dan biasanya disajikan menggunakan bawang goreng bukan daun kucai. Harganya mulai dari Rp.25.000 dan biasanya habis saat pukul 08.00 pagi. Lokasinya berada di Jalan Ratna (Ruko2 Carefour Ngagel) Surabaya.

Atau cobalah berkunjung ke sebuah food court bernama D’Kampoeng yang berada di Surabaya Town Square atau Sutos. Di tempat ini, tersedia berbagai macam makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang dijual dengan harga terjangkau, termasuk lontong kikil sapi.

Bicara soal citarasa, tentu saja traveller bakal ketagihan. Belum lagi aroma kuahnya yang kuat akan rempah. Ya, meskipun ada yang hanya tersedia di kedai kaki lima, rasa lontong kikil sapi tetaplah juara.


*Hendro C, dari berbagai sumber : Primarasa.co.id, mandiriblogger3.blogspot.com, phinemo.com, travellingyuk.com, indonesiakaya.com, sajiansedap.grid.id



Pariwisatapariwisata lainnya

Manjakan Mata Dengan Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Yang Mempesona

access_time05 Januari 2017 14:03:02 folder_open 3.693

Mengukir Kenangan di Waduk Darma

access_time06 Februari 2019 22:21:47 folder_open 457

Memanjakan Mata di Taman Bunga Celosia

access_time22 September 2019 10:55:53 folder_open 793

Kulinerkuliner lainnya

Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

access_time 10 Mei 2019 18:53:08 folder_open 556
Tahu Gimbal, Kuliner Tradisional Khas Semarang

Tahu Gimbal, Kuliner Tradisional Khas Semarang

access_time 14 Agustus 2019 18:35:11 folder_open 243
10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

access_time 27 November 2018 14:34:53 folder_open 808




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu