Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda


Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

Sedang liburan ke Surabaya?  Wah, rugi kalau tidak menyicipi kuliner khas di sana. Nah, salah satu makanan yang terkenal lezat di ibukota Jawa Timur ini adalah Llontong Kikil Sapi. 

Lontong Kikil Sapi berbahan baku kikil sapi yang diolah dengan campuran bumbu dan rempah seperti daun salam, lengkuas, santan, minyak goreng, garam, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, serta kemiri. Saat disajikan, olahan daging kikil sapi yang berkuah ditaburi dengan daun bawang, bawang goreng, dan emping. Sementara potongan-potongan lontong di tempatkan di piring. Sebagai pelengkap, tersedia juga sambal kemiri dan irisan jeruk nipis.

Traveller tiidak perlu khawatir karena warung makan yang menyediakannya cukup banyak, bahkan beberapa sudah melegenda di kalangan pecinta kuliner. Nah, di mana saja sih warung lontong kikil sapi lezat ini? 

Bagi pecinta kuliner yang menginginkan olahan kikil yang lebih pedas coba sesekali ke Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang. Kuahnya lebih merah dari kebanyakan lontong kikil biasanya. Seperti olahan lontong kikil biasa, Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang juga dilengkapi dengan irisan daun kucai yang jumlahnya banyak. Tak lupa tulang sapi dan lontong sebagai hidangan pendampingnya. Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang beralamat di Jalan Pucang Anom Timur No.32, Kertajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka pukul 17.00–23.00 WIB dengan harga satu porsi Rp.22.000.

Berbeda dengan warung-warung kikil sebelumnya, Lontong Kikil Sapi Bu Sugeng buka saat pagi di mana para pengunjung biasanya datang untuk sarapan. Lontong Kikil Sapi Bu Sugeng memiliki kuah yang merah dan biasanya disajikan menggunakan bawang goreng bukan daun kucai. Harganya mulai dari Rp.25.000 dan biasanya habis saat pukul 08.00 pagi. Lokasinya berada di Jalan Ratna (Ruko2 Carefour Ngagel) Surabaya.

Atau cobalah berkunjung ke sebuah food court bernama D’Kampoeng yang berada di Surabaya Town Square atau Sutos. Di tempat ini, tersedia berbagai macam makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang dijual dengan harga terjangkau, termasuk lontong kikil sapi.

Bicara soal citarasa, tentu saja traveller bakal ketagihan. Belum lagi aroma kuahnya yang kuat akan rempah. Ya, meskipun ada yang hanya tersedia di kedai kaki lima, rasa lontong kikil sapi tetaplah juara.


*Hendro C, dari berbagai sumber : Primarasa.co.id, mandiriblogger3.blogspot.com, phinemo.com, travellingyuk.com, indonesiakaya.com, sajiansedap.grid.id



Pariwisatapariwisata lainnya

Museum Angkut, Jejak Transportasi Dari Masa ke Masa

access_time10 Mei 2019 23:41:33 folder_open 138

Wisata Eksotis di Green Canyon

access_time17 November 2016 12:56:24 folder_open 2.994

Pancaran Kesegaran Aek Sijorni

access_time22 Maret 2019 14:06:16 folder_open 185

Kulinerkuliner lainnya

Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

Empal Gentong Cirebon Apud VS Amarta, Mana yang Lebih Enak?

access_time 04 Juli 2017 13:32:01 folder_open 1.000
Moaci Gemini, Oleh-oleh Khas Semarang

Moaci Gemini, Oleh-oleh Khas Semarang

access_time 10 Mei 2019 23:11:24 folder_open 182
Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

access_time 10 Mei 2019 22:39:09 folder_open 210




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu