Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Nasi Gandul Pati, Lezatnya Sampai ke Hati

Nasi Gandul Pati, Lezatnya Sampai ke Hati


Nasi Gandul Pati, Lezatnya Sampai ke Hati

Jika bepergian ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Traveller akan menjumpai satu jenis kuliner yang khas daerah ini yaitu Sego Gandul atau Nasi Gandul. Nasi gandul sepintas mirip dengan perpaduan soto dan gule, berupa daging sapi disiram kuah berwarna kecoklatan dengan rasa gurih manis.

Nasi gandul begitu khas karena penyajiannya wajib menggunakan daun pisang sebagai alas piringnya. Biasa disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti telur pindang rebus, daging atau jerohan yang dipotong-potong menggunakan gunting atau cukup dengan tempe yang digoreng garing.

Konon menurut cerita, daerah di Pati yang memopulerkan nasi gandul ini adalah Desa Gajahmati (arah selatan Teminal Bus Pati), itulah sebabnya sering ditemui kata-kata Nasi Gandul Gajahmati. Walaupun pada akhirnya banyak ditemui penjual nasi gandul yang tidak berasal dari Desa Gajahmati namun tetap menuliskan kata “Desa Gajahmati”  pada spanduk tempat mereka berjualan.

Jaman dulu, penjual nasi gandul menjajakan dagangannya dengan menggunakan pikulan yang berisi kuali (tempat kuah nasi gandul) di satu sisi, dan bakul nasi serta peralatan makan nasi gandul di sisi lain. Saat dibawa berjalan dari kampung ke kampung itulah, pikulan tampak gondal-gandul atau naik turun. Oleh pembeli akhirnya disebut sebagai “Nasi Gandul”.

Ada yang menganggap nama nasi gandul terinspirasi dari cara penyajiannya yang unik. Hidangannya disajikan di atas piring yang telah dilapisi oleh daun pisang, kemudian diisi oleh nasi, baru setelah itu diberi kuah. Karena penyajian yang serupa itu, oleh para pembeli menyebut bahwa nasi dan kuah itu mengambang; menggantung atau dalam bahasa Jawa disebut “nggandul”.

Di daerah Bumi Mina Tani itu, Nasi Gandul Pak Meled merupakan salah satu warung legendaris yang menyajikan masakan unik ini. Untuk menjaga cita rasanya, hingga kini Pak Meled masih menggunakan metode memasak yang sama, yakni merebus kuah nasi gandul dalam kuali tanah liat alias gerabah. Seporsi nasi gandul ini bisa disantap dengan merogoh kocek sebesar Rp.25.000 saja. Oya, warung ini berada di Krajan Gajahmati, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati. Supaya nggak kehabisan, datanglah pukul 11.00-21.30 WIB.

Selain Nasi Gandul Pak Meled, Nasi Gandul H A Warsimin juga patut dicoba. Pilihan dagingnya lengkap, mulai dari kikil, daging, paru, empal, hingga otak sapi. Soal rasa, nggak perlu ditanya. Dijamin lezat tak terkira.  Berada di Jl Roro Mendut, Semampir, Kabupaten Pati, warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Kemudian ada juga Nasi Gandul Pak Sardi, dimana kita harus siap-siap antre. Ini dikarenakan kedai tersebut menjadi tempat terfavorit warga Pati. Sejak tahun 1978, rasa Nasi Gandul Pak Sardi memang nggak pernah berubah, tetap enak dan maknyus! Untuk seporsinya Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp.18.000 – Rp.20.000 saja. Kalau pengin nyobain nasi gandul di warung ini, datang saja ke Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, ya. Oya, warung ini buka setiap hari pukul 16.00-22.00 WIB..

 

*Hendro C, dari berbagai sumber : Metrojateng.com, inibaru.id, cookpad.com

 



Pariwisatapariwisata lainnya

From Gunung Sindoro With Love

access_time16 September 2019 15:41:35 folder_open 59

Pulau Semak Daun, Nuansa Menyepi di Utara Jakata Pulau

access_time02 Desember 2016 10:04:43 folder_open 1.519

Coban Rondo, Air Terjun Sang Janda

access_time09 Mei 2019 20:58:00 folder_open 107

Kulinerkuliner lainnya

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

access_time 10 Mei 2019 22:39:09 folder_open 130
Garang Asem Ponorogo, Pedasnya Bak Disambar Petir

Garang Asem Ponorogo, Pedasnya Bak Disambar Petir

access_time 03 September 2019 19:47:43 folder_open 71
Kue Lupis, Kuliner Perekat Persaudaraan

Kue Lupis, Kuliner Perekat Persaudaraan

access_time 14 Agustus 2019 15:22:18 folder_open 60




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu