Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Wisata Eksotis di Green Canyon

Wisata Eksotis di Green Canyon


Wisata Eksotis di Green Canyon

Grand Canyon adalah fenomena alam yang sangat eksotis, karena terdapat aliran Sungai Colorado yang dapit oleh tebing tinggi yang membentuk jurang. Jika Anda penasaran, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk melihat Grand Canyon di luar negeri, pasalnya di Pulau Jawa terdapat kembaran Grand Canyon yaitu Green Canyon atau disebut juga Cukang Taneuh. Green Canyon Indonesia berada di kawasan wisata Jawa Barat, tepatnya di Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Berjarak sekitar 130 Km dari Kota Ciamis dan berjarak kurang lebih 31 Km dari Pangandaran.

Sebelum dikenal dengan nama Green Canyon, objek wisata Jawa Barat ini bernama Cukang Taneuh atau “Jembatan Tanah”. Nama Cukang Taneuh sendiri diambil dari suatu kondisi dimana ada sebuah jembatan tanah di hulu aliran sungai Cijulang. Tahun 1990, dua orang wisatawan mancanegara yang pada saat itu berkunjung ke Cukang Taneuh dan menyebutnya dengan nama Green Canyon. Kemudian nama Cukang Taneuh lebih populer dengan nama Green Canyon sampai saat ini. Perbedaan Grand Canyon dan Green Canyon sendiri berada di pemandangan alamnya. Jika Grand Canyon didominasi warna coklat dan merah, Green Canyon Pangandaran didominasi warna hijau.

Objek Wisata

Jika Anda merencanakan wisata di Jawa Barat dan mencari sensasi liburan berbeda, Green Canyon merupakan salah satu pilihan yang tepat. Kombinasi unik yang terbentuk dari Sungai Cijulang dan tebing tinggi sangat menantang untuk dicoba. Arung jeram, kano, berenang, menyelam dan panjat tebing merupakan kegiatan yang bisa Anda coba di objek wisata Cukang Taneuh.

Daya tarik utama di Green Canyon yaitu penjelajahan dengan “ketinting” atau perahu kecil. Awal penjelajahan berada di Dermaga Ciseureuh. Sungai dengan pemandangan tebing yang menjulang tinggi yang dipadu dengan pemandangan pepohonan dan air sungai yang berwarna hijau merupakan suguhan yang sangat eksotis. Selain itu jika Anda beruntung, Anda akan berjumpa dengan hewan penghuni Sungai Cijulang seperti biawak, ular kadut, dan monyet.

Setelah beberapa menit perjalanan sebelum sampai di mulut gua Green Canyon, sepasang bukit dan lebar sungai yang semakin menyempit, maka penjelajahan yang sebenarnya baru akan dimulai. Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, dikarenakan perahu tidak bisa memasuki gua dan aliran sungai yang cukup deras.

Memasuki gua, stalaktit dan stalagmit yang menghiasi gua telah menanti Anda. Tidak hanya itu, jika Anda ingin memacu adrenalin Anda, Anda bisa mencoba berenang menggunakan pelampung ke dalam gua. Pemandangan di dalam gua akan lebih menakjubkan. Masyarakat sekitar menyebut zona Hujan Abadi, karena meski musim kemarau, aliran air seperti hujan tersebut tidak pernah berhenti. Aktivitas lainnya yaitu menyelam, Anda akan disuguhi pemandangan bawah dasar gua dan beberapa spesies ikan yang hidup di dalamnya.

Setelah Anda sudah puas menikmati keindahan gua Green Canyon, Anda dapat kembali ke luar gua untuk kembali ke dermaga dengan menaiki perahu sewaan yang masih menunggu Anda. Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke Green Canyon yaitu pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan Mei sampai September.

Lokasi

Objek wisata Green Canyon berada di Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis, Jawa Barat.

Akses

Dari Pantai Pangandaran, berjarak kurang lebih 31 Km. Jika dari Ciamis berjarak kurang lebih 130 Km, dan jika dari Kota Jakarta berjarak sekitar 390 Km. Sesampainya di Dermaga Ciseureuh, Anda dapat melanjutkan perjalanan menjelajah Sungai Cijulang dengan perahu kecil atau ketinting sampai ke gua Green Canyon dengan jarak sekitar 3 Km.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke lokasi Green Canyon, Anda tidak dipungut biaya, tetapi jika Anda ingin menjelajah Sungai Cijulang, Anda harus menyewa sebuah perahu kecil dengan biaya sekitar Rp. 165.000,-. dan Berenang/Perahu sebesar Rp. 100.000,- s/d Rp. 200.000,-

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas utamanya adalah dermaga Ciseureuh yang digunakan sebagai tempat berlabuh perahu-perahu yang mengantar ke Green Canyon. Di lokasi dermaga dilengkapi juga tempat ibadah, tempat bermain, toilet umum, warung makan, dan toko souvenir. Untuk penginapan, Anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan Green Canyon terdapat beberapa hotel atau homestay.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Umbul Ponggok, Wisata Berfoto di Dalam Air

access_time05 September 2019 11:37:10 folder_open 923

Menyusuri Keindahan Sungai Citumang Ciamis Jawa Barat

access_time16 November 2016 09:33:16 folder_open 4.540

Panorama Keindahan Tanjung Lesung

access_time30 November 2016 11:30:13 folder_open 3.531

Kulinerkuliner lainnya

Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

access_time 27 Desember 2018 13:17:58 folder_open 791
Bir Pletok, Minuman Tradisional Khas Betawi

Bir Pletok, Minuman Tradisional Khas Betawi

access_time 11 Mei 2019 00:56:28 folder_open 473
Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

access_time 02 April 2019 19:09:02 folder_open 876




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kuliah di Kampus Umar Usman, Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha

    Kampus BisnisUmar Usman, Program Profesional 1 Tahun (D1) Mencetak Entrepreneur Berkarakter, Lets Join Us!

  2. Belum ada komentar

menu
menu