Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Panorama Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu

Panorama Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu


Panorama Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Palabuhanratu atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pelabuhan Ratu berada di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berjarak sekitar 60 km ke selatan dari Kota Sukabumi.

Obyek Wisata

Panorama yang indah dan ombak tinggi menjadi incaran para peselancar kelas dunia. Terdapat 9 titik lokasi untuk kegiatan berselancar dan uniknya, tiap-tiap pantai memiliki gelombang yang berbeda-beda. Udara sejuk membuat tempat ini terasa berbeda dengan kawasan pantai lainnya yang cenderung panas. Keindahan batu alam yang menjorok ke laut sangat cocok untuk tempat memancing. Mitos Ratu Selatan, Nyai Roro Kidul, menjadi fenomena tersendiri yang sangat mendunia. Konon Nyai Roro Kidul adalah seorang wanita yang berparas cantik bak bidadari. Bahkan pada tahun 1960, Soekarno, yang menjabat sebagai presiden pertama Indonesia membangun sebuah tempat yang terletak di Tenjo Resmi. Atas inisiatif beliau pula, didirikan Samudra Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang di bangun di Indonesia. Menurut cerita, kamar 308 pernah disinggahi oleh Sang Penguasa Pantai Selatan. Di pantai ini juga merupakan tempat bertelur dan berkembang biak penyu. Namun komunitas hewan ini terancam punah akibat kejahilan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Harga Tiket Masuk

Dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- per orang.

Akomodasi dan Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di obyek wisata di Jawa Barat ini antara lain mushola, area parkir yang luas, taman bermain anak, tempat bersantai, warung makan atau restoran, penjaga pantai (SAR), dan dilengkapi pula peta indormasi wisata. Berbagai akomodasi penginapan juga tersedia, dari kelas losmen hingga hotel berbintang. Beberapa hotel berbintang diantaranya yaitu Inna Samudera Beach Hotel, Bunga Ayu Bungalows & Restaurant dan Augusta Pelabuhan Ratu Hotel.

Akses

Anda bisa memanfaatkan transportasi publik untuk mencapai Pantai Pelabuhan Ratu. Jika Anda dari Jakarta atau Bogor, Anda dapat memakai  bus jurusan Sukabumi – Pelabuhan Ratu.

Informasi Tambahan

Masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu biasanya melangsungkan ritual upacara adat Hari Nelayan pada bulan April. Hari Nelayan ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur berkat rejeki yang sudah dicurahkan kepada masyarakat setempat. Dalam ritual upacara tersebut, sesaji berupa kepala kerbau dilarung ke tengah laut.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Pantai Kukup, Menikmati Deburan Ombak Di Atas Pulau Jumino

access_time28 Desember 2016 13:41:09 folder_open 2.358

Pantai Sedahan Dan Pantai Greweng, Keindahan Alam Yang Tersembunyi

access_time29 Desember 2016 14:10:05 folder_open 2.384

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 2.969

Kulinerkuliner lainnya

Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

Lontong Kikil Sapi, Kenyalnya Menggoda

access_time 17 September 2019 10:57:04 folder_open 561
Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

Rujak Kangkung, Pedasnya Nampol Lidah

access_time 10 Mei 2019 18:53:08 folder_open 660
Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

access_time 06 Maret 2019 10:47:27 folder_open 565




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu