Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Pesona Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Pesona Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Pesona Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul yang sering dianggap sebagai daerah tandus dan kering tidaklah sepenuhnya benar, terbukti dengan adanya aliran sungai berwarna hijau yang mengalir di tengah ngarai. Tidak hanya itu, terdapat juga pesona air terjun yang dikenal dengan Air Terjun Sri Gethuk. Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang populer selain Goa Pindul.

Berada di Desa Bleberan, Gunungkidul. Berjarak kurang lebih 45 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Sebenarnya air terjun ini hanya memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter, namun yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Sri Gethuk adalah kombinasi perpaduan alamnya yang indah, karena berada di ngarai, mungkin seperti Green Canyon di Jawa Barat.

Objek Wisata

Sebelum mencapai Air Terjun Sri Gethuk, ada 2 alternatif jalur yang dapat Anda pilih. Jalur pertama yaitu dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan jalur kedua menggunakan perahu rakit yang terbuat dari papan kayu dan susunan drum sebagai pengapungnya. Namun jika Anda penasaran, mungkin Anda bisa mencoba kedua-duanya. Karena jalur-jalur tersebut memiliki pemandangan yang berbeda.

Perjalanan dengan perahu rakit memakan waktu kurang lebih 5 menit Anda akan tiba di lokasi air terjun.

Meskipun hanya memiliki tinggi sekitar 25 meter, namun air yang mengalir cukup deras. Bentuk air terjunnya pun agak berbeda dari air terjun kebanyakan. Batu-batu yang ada di bawah terjunan berbentuk undakan layaknya punden.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di lokasi Air terjun Sri Gethuk yaitu, berenang di aliran sungai Oya, mandi di bawah air terjun dan berfoto ria untuk mengabadikan wisata Anda bersama rekan-rekan. Jika Anda beruntung, Anda akan menjumpai pelangi yang melintas di depan Air Terjun Sri Gethuk. Cukup mengesankan bukan!

Lokasi

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Akses

Disarankan Anda membawa kendaraan pribadi, karena transportasi umum menuju Air Terjun Sri Gethuk relatif sulit. Dan yang paling penting, jangan malu bertanya kepada orang yang Anda temui.

Dari Kota Yogyakarta, ambil jalur menuju Jalan Ringroad Selatan dan arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Wonosari, dari pertigaan Gading (depan lapangan AAU Gading) ambil belokan ke arah kanan menuju Playen. Anda akan menemukan perempatan (depan puskesmas Playen) ambil belokan ke arah kanan menuju Banyusoca. Maka Anda akan menemukan pertigaan yang ada pos ronda, ambil belokan ke arah kanan, lalu ikuti jalur tersebut sampai Anda menemukan Goa Rancang Kencana. Maka sampailah Anda di Air Terjun Sri Gethuk.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke lokasi air terjun, Anda akan dikenakan biaya retribusi di Pos TPR sebesar Rp. 5000,-/orang.

Fasilitas dan Akomodasi

Karena letaknya yang terpencil dan akses masuk ke lokasi yang relatif sulit, fasilitas dan akomodasi yang ada di Air Terjun Sri Gethuk masih sangat minim. Jika Anda tidak ingin repot Anda bisa menggunakan jasa paket wisata Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menuju lokasi air terjun jalan yang akan dilalui cukup baik. Terdapat tempat parkir yang luas, warung makan, sewa perahu rakit, tempat persewaan ban pelampung dan tempat penitipan barang.

 

Sumber: wisata.javaindonesia.org



Pariwisatapariwisata lainnya

Obyek Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

access_time14 November 2016 19:30:44 folder_open 1.344

Pantai Kukup, Menikmati Deburan Ombak Di Atas Pulau Jumino

access_time28 Desember 2016 13:41:09 folder_open 1.122

Berwisata Keluarga ke Taman Bunga Nusantara

access_time25 November 2018 23:04:45 folder_open 217

Kulinerkuliner lainnya

Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.632
Soto Medan, Kuliner Legendaris Tanah Melayu

Soto Medan, Kuliner Legendaris Tanah Melayu

access_time 02 April 2019 11:12:57 folder_open 159
Kepiting Kenari, Ikon Kuliner Balikpapan

Kepiting Kenari, Ikon Kuliner Balikpapan

access_time 11 Mei 2019 06:19:48 folder_open 38




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu