Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Gunung Papandayan, Keindahan kawasan hadiah para dewa

Gunung Papandayan, Keindahan kawasan hadiah para dewa


Gunung Papandayan, Keindahan kawasan hadiah para dewa

Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas wisata favorit belakangan ini. Selain wisatanya yang menantang , aktivitas ini juga mampu menjadikan kita semakin dekat dengan alam . Terlebih lagi , bukan hal yang sulit untuk menemukan wisata mendaki gunung di daratan Wisata Jawa. Salah satunya adalah Gunung Papandayan yang berlokasi di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.Gunung Papandayan menyimpan sejuta pesona dan daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Gunung aktif ini memiliki ketinggian mencapai 2.622 meter diatas permukaan laut (dpl). Secara tofografi, gunung ini berada di ketinggian sekitar 2.170 meter dengan konfigurasi umum yakni lahannya bergunung-gunung, berbukit, dataran dan berlembah. 

Mengujungi Gunung Papandayan seolah mendatangi kawasan yang dihadiahkan para dewa karena keindahan dan panorama alamnya yang menawan. Secara keseluruhan, luas kawasan objek wisata terkenal di Garut ini mencapai 7.132 hektar dimana terdiri dari cagar alam dan taman wisata alam. Gunung Papandayan ini memiliki sejumlah kawah yang di sepanjang tahunnya terus bergerak aktif, dimana diantaranya sekitar 4 kawah meletus pada 2002 silam. Daya tarik utama gunung ini karena kawahnya yang indah, panorama alam sekitarnya yang aduhai, pegunungan, dan wilayah perkemahan.Kesemua kawasan potensial itu berada di kawasan Taman Wisata Alam. Aktivitas utama yang biasanya dilakukan disini yakni hiking, kegiatan fotografi, trekking dan kegiatan rekreasi hutan. Disamping itu, ada juga aktifitas penunjang lainnya yakni penelitian flora dan fauna di cagar alam serta kegiatan untuk piknik dan berkemah anak-anak pramuka di kawasan Taman Wisata Alam.

Taman Wisata Alam memiliki flora yang dominan yaitu Hiur, Puspa, Pasang Hura, Saninten, Jamaju, Sega, Suwagi dan Kiteke. Sedangkan fauna yang dominan yaitu babi hutan, macan kumbang, macan tutul dan burung. Flora langka di Cagar Alam yaitu Saninten dan untuk faunanya rusa, elang Jawa, Lutung dan Surili. Kegiatan konservasi hewan dan tumbuhan dilakukan di Cagar Alam. Jika anda dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan wisata di wisata gunung ini , jangan lupa membawa berbagai perlengkapan yang di perlukan ya

 

Sumber: wisatajawa.com



Pariwisatapariwisata lainnya

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 2.882

Panorama Keindahan Tanjung Lesung

access_time30 November 2016 11:30:13 folder_open 3.444

Cobalah Berwisata Ke Pantai Ujung Genteng Jawa Barat

access_time06 Desember 2018 10:49:46 folder_open 574

Kulinerkuliner lainnya

Es Doger, Gerobak Dorong Pelepas Dahaga

Es Doger, Gerobak Dorong Pelepas Dahaga

access_time 14 Agustus 2019 12:23:16 folder_open 259
Soto Medan, Kuliner Legendaris Tanah Melayu

Soto Medan, Kuliner Legendaris Tanah Melayu

access_time 02 April 2019 11:12:57 folder_open 976
Burger Hitam, Bikin Penasaran Pecinta Kuliner

Burger Hitam, Bikin Penasaran Pecinta Kuliner

access_time 23 September 2019 09:54:21 folder_open 322




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu