Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Menjemput Hawa Dingin Ipukan

Menjemput Hawa Dingin Ipukan


Menjemput Hawa Dingin Ipukan

Libur akhir tahun telah tiba. Cuti seminggu menjadi ajang balas dendam meredakan penat setelah berbulan-bulan bekerja. Kami sekeluarga berencana mengisi “our time” kali ini dengan menyambangi lokasi wisata berhawa dingin di area pegunungan.

Setelah berselancar di internet dan melalui beberapa perdebatan dan diskusi, maka saya, istri dan kedua buah hati kami menjatuhkan pilihan pada lokasi liburan bergaya camping nan glamour. Di antara beberapa alternatif, ada satu lokasi yang menarik perhatian untuk didatangi : Starcamp Ipukan.

Ipukan adalah salah satu objek wisata dataran tinggi di kabupaten Kuningan provinsi Jawa Barat. Banyak fasilitas yang ditawarkan, seperti “glamping” ( glamour camping ), hiking ke hutan, spot berswafoto yang instagramable, berlatih panahan, sepak bola, wisata dua air terjun dan lapangan rumput hijau yang luas untuk menampung pertemuan ratusan anggota dari berbagai komunitas.

Dataran tinggi yang terletak di kaki gunung Ciremai ini berjarak kurang lebih 45 km dari kota Cirebon ke arah selatan, dapat dicapai sekitar 2 jam bermobil dari kota udang tersebut. Sedangkan dari pusat kota Kuningan sendiri, lokasi wisata ini dapat ditempuh hanya dengan 30 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Setelah melewati pos kedatangan dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000 per orang, kami tiba di lokasi pada Sabtu sore yang cerah di penghujung Desember 2018. Begitu keluar dari mobil dan berjalan menuju tenda, hawa dingin datang menyergap. Untungnya, kami sudah menyiapkan perlengkapan “perang” seperti jaket tebal, beanie ( kupluk ), sarung, kaus tangan dan kaki serta minyak kayu putih. Mungkin terlihat berlebihan, namun sangat berguna untuk menangkal suhu rendah yang bisa mencapai 14 – 16 derajat Celsius, ditandai dengan kabut yang merayap turun selepas Maghrib.

Tenda kokoh dengan tarif sewa sebesar Rp.500.000 per malam yang kami tempati berbentuk lingkaran bergaris tengah 4 meter dengan tinggi 2 meter. Sangat luas bagi kami berempat untuk istirahat dan menaruh barang-barang. Fasilitas berbayar lainnya yang kami nikmati selama glamour kemping ini adalah : makan malam,  coffe break, layar tancap film box office, sarapan dan makan siang. Semua akomodasi dan konsumsi disajikan dengan perlengkapan dan cita rasa ala hotel bintang lima. Kami merasakan sensasi kemewahannya, hanya tidurnya saja di dalam tenda.  Komentar kami mengenai tempat ini : sangat memuaskan, dengan beberapa hal yang perlu ditingkatkan.

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula Ipukan. Dalam catatan saya hal utama yang perlu diperbaiki adalah fasilitas infrastruktur jalan menuju Ipukan. Sepanjang 500 meter terakhir menuju pos pintu masuk, jalan yang dilalui masih berupa lapisan tanah dan sirtu ( pasir dan batu ), belum dilapisi aspal. Dengan lebar jalan hanya berkisar 4 meter maka bus berukuran besar mengalami kesulitan untuk menuju lokasi bila berpapasan dengan mobil lain. Untuk itu disarankan menggunakan bus berukuran medium. Sedangkan untuk kenderaan pribadi roda empat dan dua relatif tidak menemui kendala.

Secara keseluruhan, Ipukan dapat dijadikan alternatif untuk "back to nature" dan relaksasi bersama keluarga. Tempat ini menyimpan kenangan tak terlupakan. Jika ada kesempatan di lain waktu, kami ingin mengulangi pengalaman berkesan ini dengan mengajak anggota keluarga dengan jumlah yang lebih besar.

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

From Gunung Sindoro With Love

access_time16 September 2019 15:41:35 folder_open 230

Danau Kawah Putih, Gunung Patuha

access_time26 Oktober 2016 13:29:40 folder_open 1.378

Tebing Breksi Memang Seksi

access_time15 Agustus 2019 15:51:53 folder_open 187

Kulinerkuliner lainnya

Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

access_time 09 Mei 2019 13:22:26 folder_open 599
Garang Asem Ponorogo, Pedasnya Bak Disambar Petir

Garang Asem Ponorogo, Pedasnya Bak Disambar Petir

access_time 03 September 2019 19:47:43 folder_open 475
Nasi Jamblang khas Cirebon

Nasi Jamblang khas Cirebon

access_time 06 November 2016 05:22:28 folder_open 1.993




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu