Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Bersua Prajurit Siliwangi di Cibulan

Bersua Prajurit Siliwangi di Cibulan


Bersua Prajurit Siliwangi di Cibulan

Siapa yang suka bermain air sambil berenang? Anak kecil hingga orang dewasa pasti menyukainya. Bermain air dapat  menciptakan suasana gembira, ceria dan yang pasti: menyegarkan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya mengajak untuk mengunjungi salah satu wisata air terbaik di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya di Desa Jalaksana, Kecamatan Kuningan. Nama lokasinya adalah kolam pemandian Cibulan.

Saya berangkat dari kota Cirebon mengendarai mobil pada akhir pekan,  mengarahkan kemudi ke selatan menuju kota Kuningan. Mobil bergerak pukul 09.00 pagi dan kurang lebih sejam kemudian tiba di pemandian yang juga terkenal dengan ikan keramatnya itu. Jarak tempuh dari Cirebon menuju tempat wisata ini adalah 24 km. Mendekati lokasi,  ada papan besar penunjuk arah menuju Cibulan. Saya keluar dari jalan besar untuk berbelok ke kanan mengikuti petunjuk arah melewati gapura dan melintasi jalan kecil sepanjang 300 meter. Di ujung jalan saya menemukan lahan parkir yang luas dan pintu masuk menuju kolam pemandian.

Setelah membayar tiket Rp 20.000, saya memasuki lokasi wisata tertua yang sudah dibuka untuk umum sejak enam tahun sebelum Indonesia merdeka. Setibanya di dalam, suasana sudah ramai dengan pengunjung. Maklumlah, akhir pekan dan tanggal muda pula.

Saya memandang berkeliling. Di latar belakang pemandian terdapat rimbunan pepohohan hijau khas pegunungan. Di tengah lokasi ada dua kolam renang besar berbentuk persegi. Kolam pertama dengan kedalaman 2 meter, dan kolam satunya dengan kedalaman 60 cm – 120 cm. Sumber airnya berasal dari mata air gunung Ciremai. Sudah terbayang kan kebersihan, kejernihan dan kesegarannya?  

Salah satu yang unik dari pemandian Cibulan ini adalah kita bisa ikut berenang bersama ikan-ikan yang ada di dalam kolam. Ikan ini dikenal dengan nama ikan Dewa spesies Duoronensies. Warnanya hitam keabu-abuan, panjangnya bisa mencapai satu meter lebih. Semua ikan di sini jinak dan mudah akrab dengan pengunjung. 

Konon menurut legenda, ikan ini dulunya adalah para prajurit Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran. Diceritakan karena suatu sebab, Sang Prabu murka dan mengutuk prajuritnya menjadi ikan. Oleh karena itulah ikan ini menjadi tabu untuk dipancing, ditangkap apalagi dimasak untuk santapan. Cerita yang tersebar turun-temurun dari penduduk sekitar mengkisahkan bahwa ketika kolam dikuras, ikan tersebut hilang entah kemana dan saat kolam disii kembali dengan air,  ikan-ikan berdatangan lagi dengan sendirinya.    

Selain berenang di kolam pemandian bersama ikan Dewa, terdapat fasilitas lain yang bisa kita nikmati. Misalnya : flying fox, sepeda air, persewaan ban, terapi ikan nilem, sumur dari 7 sumber mata air, dan spot untuk berfoto. Disediakan juga toilet, ruang ganti/bilas, musholla, warung makanan minuman dan warung kerajinan tangan dari penduduk lokal untuk melengkapi sarana pariwisata.

Bagi agan2 yang ingin berkunjung ke sini, saya sarankan untuk mempersiapkan hal hal berikut :
*pakain ganti untuk berenang
*kamera kedap air karena saya melihat banyak pengunjung yang mengambil foto di dalam air bersama ikan Dewa. Walaupun berpose di dalam air namun hasil jepretan terlihat cerah karena airnya yang bening dan jernih.

Semakin siang pengunjung semakin ramai. Tak terasa sudah 1,5 jam lebih saya berenang kesana kemari dan sudah saatnya untuk pulang. Setelah beres-beres, sebelum beranjak ke parkiran, saya menyempatkan diri untuk mampir di salah satu warung makan. Perut yang keroncongan diisi dulu dengan sajian khas berselera dari kota Kuningan yaitu sepiring hucap (kombinasi antara ketupat dan tahu yang disiram bumbu kacang plus kerupuk) dan segelas es kelapa muda. 


Sungguh suatu pengalaman yang menyenangkan. Saya berharap semoga kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Cibulan. Di mana lagi kita bisa berenang sambil bercengkerama dengan prajurit Prabu Siliwangi? 

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

Pulau Semak Daun, Nuansa Menyepi di Utara Jakata Pulau

access_time02 Desember 2016 10:04:43 folder_open 1.717

Daya Tarik Pantai Karang Bolong

access_time29 November 2016 10:19:38 folder_open 4.725

Gunung Purba (Padang) Cianjur, Maha Karya Terpendam di Indonesia

access_time21 November 2016 09:25:29 folder_open 2.819

Kulinerkuliner lainnya

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

Wisata Kuliner Puncak Bogor Cipanas

access_time 16 November 2016 09:12:29 folder_open 5.203
Sate Padang, Cita Rasa Rempahnya Bikin Ketagihan

Sate Padang, Cita Rasa Rempahnya Bikin Ketagihan

access_time 02 April 2019 15:19:28 folder_open 293
Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

access_time 02 April 2019 19:09:02 folder_open 768




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Diskon 50% APD dan Masker, JNE Express

    Diskon 50% APD (JTR) dan Masker (OKE) ke Seluruh Pulau Jawa dan Bali.. Max. 5kg. Walk in Interview di Sales Counter

  2. Belum ada komentar

menu
menu