Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Mengukir Kenangan di Waduk Darma

Mengukir Kenangan di Waduk Darma


Mengukir Kenangan di Waduk Darma

Jawa Barat adalah provinsi yang selain terkenal dengan mojang priangan juga terkenal dengan lokasi-lokasi pariwisata yang indah. Salah satu kabupaten di Tanah Sunda yang memiliki kekayaan dan potensi pariwisata adalah Kabupaten Kuningan. Di kabupaten yang terletak di sebelah selatan Kota Cirebon ini terdapat lokasi pariwisata waduk yang terkenal, yaitu Waduk Darma.

Waduk seluas 425 hektare dengan kedalaman 100 meter ini terletak di jalan lintas provinsi antara Kuningan - Ciamis. Berjarak 12 km dari Kota Kuningan dan 37 km dari Kota Cirebon. Berada di wilayah Desa Jagara Kecamatan Darma, lokasinya sangat indah karena dikelilingi oleh bukit dan lembah dengan pemandangan menakjubkan dan berhawa sejuk.

Tempat penampungan air raksasa ini dibangun pada tahun 1922. Sumber airnya berasal dari beberapa sungai seperti Sungai Cisanggarung, Cinangka, Cikalapa dan Cireungit. Waduk ini bersifat multifungsi tidak hanya untuk pengairan sawah, tapi dimanfaatkan juga untuk budi daya perikanan air tawar, sumber air baku PDAM dan lokasi pariwisata.

Menurut legenda turun-temurun, waduk ini dulunya hanya sebentuk danau kecil. Danau tersebut dibangun oleh salah satu wali setempat yaitu Mbah Satori sebagai wadah untuk menampung air yang dialirkan ke sawah-sawah di sekitarnya.

Dengan harga tiket masuk hanya Rp.8.000 per orang, kita dapat mengeksplorasi Waduk Darma sepuasnya. Selain menikmati wisata air seperti berperahu dan memancing, kita dapat juga menikmati pemandangan alam khas pegunungan, spot foto romantis yang instagrammable, kuliner, lokasi gathering, camping dan outbond. Disediakan juga fasilitas seperti toilet bersih dan musholla. Bagi yang ingin menginap, terdapat pula bungalow-bungalow dengan tarif sewa rata-rata Rp.400.000 per malam.

Sebelum mendatangi tempat wisata ini pengunjung disarankan membawa jaket atau sweater untuk menahan dingin dan kencangnya hembusan angin. Disarankan juga bagi anggota keluarga yang membawa anak kecil untuk menjaga buah hatinya supaya tidak dibiarkan bermain sendirian di tepi waduk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara keseluruhan, dengan lokasi yang luas ditambah kelengkapan fasilitas yang tersedia maka Waduk Darma layak dipertimbangkan untuk dijadikan pilihan tujuan berwisata bagi keluarga, komunitas atau perusahaan. 

 

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

Air Terjun Curug Cikaso

access_time21 November 2016 14:05:27 folder_open 1.568

Gunung Papandayan, Keindahan kawasan hadiah para dewa

access_time10 Desember 2018 17:28:47 folder_open 211

Pesona Mistis Wisata Goa Pindul

access_time27 Januari 2017 14:31:15 folder_open 967

Kulinerkuliner lainnya

Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

access_time 05 Maret 2019 13:05:20 folder_open 75
Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

access_time 27 Desember 2018 13:17:58 folder_open 192
Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

access_time 07 November 2016 19:38:07 folder_open 2.415




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu