Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan


Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat sembari ngopi. Seruputan kopi hitam kurang lengkap tanpa ditemani camilan. Salah satu makanan ringan yang cocok untuk menemani adalah cakwe,  gorengan penggoda selera.

Cakwe adalah panganan berbentuk memanjang yang terbuat dari tepung dan telur yang diolah dengan bumbu diantaranya bawang putih, baking soda, kaldu, garam kemudian dimasak dengan cara digoreng. Cakwe termasuk jajanan rakyat dengan harga sangat terjangkau. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa gurih renyah, cakwe menjadi jajanan favorit banyak orang.

Cakwe bukan kuliner asli Indonesia. Makanan ringan ini berasal dari Tiongkok. Asal muasal sejarahnya mengandung cerita legenda yang muram.

Dulu di kawasan Hang Zhou Tiongkok ada seorang Jendral perang yang sangat terkenal namanya Yue Fei. Jendral Yue Fei mahsyur dan dicintai rakyat karena kehebatannya memenangi banyak peperangan. Dengan prestasinya tersebut maka tak heran ia sangat disayang oleh Kaisar. Namun ketenarannya menimbulkan dengki dari seorang pejabat kerajaan. Si pejabat dan istri memfitnah Jendral Yue Fei dan merusak nama baiknya. Kaisar yang termakan fitnah lalu menghukum mati Jendral Yue Fei.

Rakyat marah namun karena tak berdaya maka hanya bisa melakukan perlawanan secara diam-diam. Salah satu yang tersulut emosinya adalah seorang Bibi tua. Karena tidak berani protes langsung ke Kaisar, maka ia mengalihkan kemarahan dengan membuat panganan yang digoreng. Si Bibi tua menggoreng panganan sambil mengomel kepada pejabat dan istrinya yang telah memfitnah Jendral Yue Fei. 

Supaya emosinya tidak ketahuan prajurit yang berpatroli, Bibi tua menggoreng sambil mengumpat dengan nada tinggi, "cha kwe, cha kwe", yang artinya "bunuh si Kwe" atau "goreng si Kwe". Kwe adalah nama samaran pemberian dari Bibi tua untuk pejabat dan istrinya. Bentuk cakwe yang memanjang terdiri dari dua batang dijadikan satu melambangkan suami istri pengkhianat  tersebut.

Di Indonesia cakwe menjadi cemilan favorit yang gampang ditemui di mana saja terutama pada pagi dan sore hari. Cakwe sering juga menjadi tambahan lauk pada bubur ayam. Beberapa lokasi penjualan cakwe maknyus di Jakarta yang direkomedasikan dan layak untuk disinggahi adalah :

1. Cakwe Koh Atek. 
Sudah ada sejak 1970. Juga menawarkan kue bantal. Selain cakwenya nikmat, rasa sambal sausnya juga khas. Berlokasi di Pasar Baru

2. Cakwe Medan Eko Yap. 
Berlokasi di Jalan Karet Tengsin Raya samping bank ANZ. Hadir dengan ukuran jumbo dan rasa yang gurih cakwe di sini disajikan dengan saus merah dengan rasa asam pedas yang sangat khas.

3. Forbidden Cakwe. 
Berbeda dengan cakwe pada umumnya, Forbidden Cakwe hadir degan isi daging ayam atau udang dengan varian saus yang menggugah selera. Jenis saus yang ditawarkan yaitu saus padang, "melted cheese" dan mayonaise. Lokasinya ada di Kota Kasablanka Lt.UG dan Emporium Pluit Mall Lt.LG.

4. Tomang Cakwe. 
Beroperasi mulai sore hingga malam hari, pandangan khasnya adalah  pembeli dengan antrian mengular. Berlokasi di Jalan Kebon Jeruk Raya no 9 Batusari Kebon Jeruk.

5. Cakwe Galaxy. 
Menyajikan cakwe dengan ciri khas super tebal, empuk, gurih dan mengenyangkan. Ditemani sambal saus kacang, cakwe ini terasa lezat tanpa batas. Salah satu lokasinya berada di Mall Kelapa Gading 3, Lt.3.

 

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

Sajian Wisata Kuliner dan Pesona Alam di Kapal Pinisi

access_time23 September 2019 09:14:00 folder_open 449

Pantai Sedahan Dan Pantai Greweng, Keindahan Alam Yang Tersembunyi

access_time29 Desember 2016 14:10:05 folder_open 2.269

Daya Tarik Pantai Karang Bolong

access_time29 November 2016 10:19:38 folder_open 4.725

Kulinerkuliner lainnya

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

access_time 07 November 2016 19:38:07 folder_open 3.242
Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

access_time 05 Maret 2019 13:05:20 folder_open 1.078
Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

access_time 10 Mei 2019 22:39:09 folder_open 414




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu