Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Pancaran Kesegaran Aek Sijorni

Pancaran Kesegaran Aek Sijorni


Pancaran Kesegaran Aek Sijorni

Sumatera Utara adalah provinsi yang banyak menyimpan keindahan alam. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah Danau Toba dan Pulau Samosir. Namun kali ini para traveller saya ajak untuk mengunjungi lokasi wisata lainnya yang menjadi kunjungan favorit wisatawan lokal dan manca negara. Nama lokasinya adalah Aek Sijorni. 

Aek Sijorni merupaakan wisata alam berupa air terjun bertingkat yang melewati batu-batu cadas dan bersumber dari mata air yang jernih. Begitu jernih air yang mengalir sehingga tidak terkandung lumpur di dalamnya. Areanya sangat luas dikelilingi pohon kelapa yang rindang. Dilengkapi dengan beberapa kolam renang di bawahnya, lokasi ini layak disinggahi para traveller yang penasaran dengan pesona alamnya.. 

Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Jaraknya kurang lebih 30 km dari Kota Padang Sidempuan ke arah Mandailing Natal. Kalau berangkat dari Medan, jaraknya sekitar 380 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 12 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi.

Dari asal namanya, "Aek" berarti "air" dan "Sijorni" bermakna "jernih". Nama Aek Sijorni disematkan karena aliran airnya yang sangat jernih. Pesona keindahan dan kesegaran terpancar karena air mengalir deras dari ketinggian 10 meter melewati batu-batu cadas berundak. 

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, mata air di kawasan itu tidak pernah keruh walau di musim hujan. Malah uniknya di saat musim kemarau debit air justru meningkat dan semakin deras.

Banyak fasilitas yang tersedia di sana. Terdapat area parkir luas, musholla, toilet, kamar ganti, warung-warung makan, pondok-pondok kecil untuk beristirahat melepas lelah serta penyewaan tikar dan ban. Untuk bisa menikmati pesona alamnya para pengujung hanya dikenakan HTM Rp.15.000 dan biaya parkir mobil Rp.10.000.

 

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

Obyek Wisata Gunung Salak

access_time26 Oktober 2016 13:34:58 folder_open 1.311

Kapan mencicipi Keindahan Pantai Rancabuaya?

access_time29 Januari 2019 13:27:22 folder_open 139

Goa Cerme, Tempat Wisata Dengan Sejarah Walisongo

access_time09 Februari 2017 16:26:17 folder_open 1.590

Kulinerkuliner lainnya

Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

access_time 02 April 2019 12:12:40 folder_open 105
10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

10 Makanan Khas Cianjur Terkenal Paling Enak dan Oleh-oleh Pilihan

access_time 27 November 2018 14:34:53 folder_open 380
Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

Kue Putu, Camilan Tradisional Langka

access_time 02 April 2019 19:09:02 folder_open 112




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu