Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Candi Muaro Jambi, Kampusnya Kerajaan Sriwijaya

Candi Muaro Jambi, Kampusnya Kerajaan Sriwijaya


Candi Muaro Jambi, Kampusnya Kerajaan Sriwijaya

Komplek candi apa yang paling luas di Indonesia? jika Traveler menjawab Candi Borobudur, jawabannya salah. Candi terluas di Indonesia bahkan se- Asia Tenggara adalah Candi Muaro Jambi, terletak di Provinsi Jambi.

Candi Muaro Jambi adalah bangunan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Berbagai artefak peninggalan zaman itu ditemukan di dalam komplek candi. Candi ini ternyata juga menjadi tempat belajar dan menuntut ilmu setara  universitas di masa Kerajaan Sriwijaya. Ada kemiripan antara Candi Muaro Jambi dengan Universitas Nalanda di India. 

Diperkirakan saat Kerajaan Sriwijaya berada di masa jayanya sekitar tahun 784, pihak kerajaan mengutus mahasiswanya untuk belajar di Universitas Nalanda. Saat ajaran Budha Dharma di India mengalami kehancuran karena invasi dari negara lain, maka Universitas Nalanda berpindah ke Sumatera tepatnya ke Candi Muaro Jambi.

Candi Muaro Jambi terletak di Danau Lamo, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, dekat dengan Sungai Batang Hari. Kawasan komplek percandian Muaro Jambi memiliki 82 reruntuhan bangunan kuno. Saat ini sudah ada delapan bangunan candi yang telah dilakukan ekskapasi atau pemugaran dan pelestarian secara intensif oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi.

Candi Muaro Jambi memiliki luas 12 km persegi dan panjang lebih dari 7 km serta memiliki 260 hektar yang membentang searah aliran sungai. Memiliki 61 candi yang sebagian besar belum diokupasi. Candi ini juga telah didaftarkan ke UNESCO sejak 2009 lalu. Keseluruhan luas komplek candi ini adalah 12 kali lebih besar dibanding Candi Borobudur. 

Komplek candi ini tidak hanya menyuguhkan bangunan candi, namun ada juga kanal kuno atau parit buatan manusia jaman dahulu. Ada juga struktur gundukan yang terbuat dari bata kuno. Dalam kompleks tersebut juga terdapat 85 menapo ( gundukan tanah ) yang masih dimiliki warga setempat. Area komplek juga dikelilingi oleh pepohonan nan asri. 

Kita tidak usah kawatir bakal kerepotan mengelilingi Candi Muaro Jambi  karena ketika baru masuk di area komplek, Traveller akan mendapati warga setempat yang menyewakan sepeda untuk mengelilingi situs bersejarah ini. Ada sepeda gunung, sepeda anak hingga sepeda sambung tiga. Jadi kita bisa menghemat tenaga tidak perlu mengelilingi seluruh komplek candi dengan berjalan kaki.

Pengunjung Candi Muaro Jambi biasanya memadati area kompleks di akhir pekan. Saat ini, untuk memelihara peninggalan situs, Pemprov Jambi telah menyusun "master plan" untuk pengembangan Candi Muaro Jambi dan juga "design engineering detail" untuk perluasan lebih lanjut yang menghabiskan dana sekitar 12 triliun rupiah.

 

*Hendro Cahyono



Pariwisatapariwisata lainnya

6 Spot Instagramable di Semarang yang Harus Dikunjungi

access_time03 Desember 2018 10:55:50 folder_open 261

Menjemput Hawa Dingin Ipukan

access_time02 Februari 2019 11:05:18 folder_open 355

Tempat Wisata Kebun Durian Warso Farm Bogor

access_time25 November 2018 00:18:55 folder_open 264

Kulinerkuliner lainnya

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

Coba Nih, Sensasi Nasi Goreng Durian

access_time 05 Agustus 2017 22:43:51 folder_open 785
Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

Lumpia Semarang Jajanan Khas dari Semarang, Jawa tengah

access_time 07 November 2016 19:38:07 folder_open 2.650
Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

access_time 02 April 2019 12:12:40 folder_open 87




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu