Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Istana Siak, Warisan Sejarah Riau

Istana Siak, Warisan Sejarah Riau


Istana Siak, Warisan Sejarah Riau

Objek wisata di Riau terkenal sebagai destinasi liburan yang memiliki nilai historis tinggi. Bagi para pecinta sejarah sebuah perjalanan yang berkonsep edukatif menjadi hal penting untuk menambah wawasan. Salah satu tempat wisata bangunan sejarah peninggalan Kerajaan Melayu Islam bisa ditemukan di Kabupaten Siak yaitu Istana Siak Sri Indrapura yang menampilkan sejuta warna dan cerita dari Bumi Lancang Kuning.

Istana Asserayah Hasyimiyah atau yang biasa dikenal dengan Istana Siak Sri Indrapura dibangun tahun 1889 di masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim oleh arsitek berkebangsaan Jerman. Istana ini selesai dibangun empat tahun kemudian dengan perpaduan arsitektur bernuansa Arab, Melayu, dan Eropa. Dulunya istana ini digunakan sebagai kediaman resmi Sultan Siak. Namun kini seiring dengan berakhirnya pemerintahan di Kerajaan Siak, istana ini dialihfungsikan sebagai objek wisata untuk mengajak pengunjung mengenang kemegahan Kerajaan Siak tempo dulu.

Istana Siak Sri Indrapura memiliki luas 32.000 m2. Bentuk bangunan istana terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah terdiri dari 6 ruangan yang difungsikan sebagai ruang tunggu tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu perempuan, ruang sidang kerajaan yang juga difungsikan sebagai ruang pesta. Sementara untuk lantai atas terdiri atas 9 ruangan yang berfungsi sebagai tempat istirahat Sultan serta para tamu istana. Saat mengunjungi istana ini jangan lupa untuk melihat peninggalan berupa cermin kristal di salah satu sisi bangunan. Konon katanya, cermin tersebut dapat membuat awet muda.   

Di bagian halaman istana ada 8 buah meriam yang tersebar di berbagai sisi halaman istana. Pada bagian kiri belakang istana ada bangunan kecil yang dulunya digunakan sebagai penjara sementara. Selain itu terdapat koleksi peninggalan kerajaan berupa perahu kuno bernama “Kapal Kato“ yang dulunya digunakan Sultan untuk mengunjungi daerah-daerah kekuasaannya. 
Istana Siak Sri Indrapura terletak di Jl. Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak, Riau. Dari Pekanbaru, kita dapat mencapai lokasi ini dalam waktu 2 jam berkendara. 

Untuk memasuki Istana Siak Sri Indrapura, kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000/orang untuk dewasa  dan     Rp 5.000/orang untuk anak-anak. Istana yang kini dikelola oleh Pemda Kabupaten Siak ini buka untuk umum setiap hari pukul 09.00-17.00.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber.



Pariwisatapariwisata lainnya

Mengukir Kenangan di Waduk Darma

access_time06 Februari 2019 22:21:47 folder_open 235

Air Terjun Nglirip Memanjakan Mata

access_time02 September 2019 22:15:02 folder_open 41

Pesona Mistis Wisata Goa Pindul

access_time27 Januari 2017 14:31:15 folder_open 1.191

Kulinerkuliner lainnya

Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

Cakwe, Camilan Simbol Perlawanan

access_time 06 Maret 2019 10:47:27 folder_open 212
Es Doger, Gerobak Dorong Pelepas Dahaga

Es Doger, Gerobak Dorong Pelepas Dahaga

access_time 14 Agustus 2019 12:23:16 folder_open 39
Ayam Betutu, Sajian Pedas Khas Pulau Dewata

Ayam Betutu, Sajian Pedas Khas Pulau Dewata

access_time 14 Agustus 2019 14:42:03 folder_open 48




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted J&T Express Arjawinangun, Gratis Jemput Paket DiTempat

    J&T Express, Gratis Jemput Paket DiTempat, melayani kiriman paket dan dokumen. Temukan DP terdekat kami dikota

  2. Belum ada komentar

menu
menu