Home / Wondeful Indonesia / Kuliner Nusantara / Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

Coto Makassar, Lezatnya Melegenda


Coto Makassar, Lezatnya Melegenda

Makanan khas Indonesia sangat beragam dengan cita rasa yang membuat lidah para pecintanya terpuaskan. Kuliner Indonesia yang memiliki ciri khas salah satunya berasal dari Sulawesi Selatan  tepatnya di Makassar yang terkenal dengan sebutan Coto Makassar. Coto Makassar memiliki rasa yang enak dan lezat serta kuahnya yang gurih. Aroma yang khas akan membuat setiap orang tergoda untuk mencicipinya.

Coto Makassar adalah kuliner tradisional Makassar yang terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat dan "burasa" atau yang biasa dikenal sebagai buras, yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang.

Coto Makassar diperkirakan telah ada sejak masa Kerajaan Gowa di abad ke-16. Dahulu hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan. Tapi sebagian penduduk Makassar menceritakan bahwa Coto Makassar merupakan kuliner yang diciptakan oleh rakyat jelata, dan disajikan kepada para pengawal kerajaan sebelum bertugas menjaga kerajaan di pagi hari.

Saat ini Coto Makassar sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Masyarakat umum menyukai bagian daging sapi atau kerbau yang terletak di bagian punggung (sirloin) itu. Umumnya daging yang digunakan dalam coto ini adalah daging sapi. Namun ada pula yang menggunakan berbagai macam daging jeroan sapi seperti lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat dan lain-lain.

Konon, diperlukan sekitar 40 macam rempah untuk membuat Coto Makassar, yang disebut ampah patang pulo. Aneka bumbu itu, di antaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai, biji-bijian dan bebungaan (lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, foeli, cengkih), dedaunan (daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, daun bawang, daun bawang prei), rerimpangan (lengkuas, jahe), serta pelbagai bumbu lain seperti asam, garam, gula, kayu manis, dan juga tauco. Kacang tanah, irisan daun bawang dan bawang goreng, serta perasan jeruk nipis dicampurkan pada saat dihidangkan.

Berikut beberapa warung atau restoran yang menyajikan Coto Makassar terlezat di Ibukota Jakarta :

  1. Warung Mamink Daeng Tata sudah berdiri dari tahun 1996, dan merupakan salah satu warung yang tidak pernah sepi oleh pengunjung dan membuat macet jalanan di Tebet. Selain Coto Makassar menu andalan lain adalah Konro Bakar atau Iga Bakar. Beralamat di Jalan Casablanca No. 33, Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan.
  2. Sop Konro Karebosi salah satu rumah makanan Makassar di Jakarta telah berdiri dari tahun 1993 dan berlokasi di Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara, pendirinya yaitu Haji Hanaping. Sop Konro Karebosi memiliki rahasia resep turun temurun dari keluarga, sehingga dijamin kelezatan dan rasa autentik Coto Makassar, Sop Konro dan juga makanan Makassar lainnya. Bagi pengunjung yang tidak makan daging ada pilihan menu dari olahan ikan air tawar dan air laut. Salah satu menu andalan selain Coto Makassar, Sop Konro, ada juga Bandeng Bakar.  Alamatnya di Jalan Boulevard Raya No.41, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
  3. Raja Konro Daeng Naba Ampera bagi pecinta Coto Makassar dan juga penggemar Konro rekomendasi untuk dikunjungi. Ada satu menu yang sedikit beda dengan Coto Makassar yang lainnya yaitu “Konro Bakar Kepiting Pedas Afrika” perpaduan Iga Bakar yang diberikan saus kepiting serta dipadu dengan kuah Coto Makassar yang hangat dan penuh dengan rempah-rempah mejadikan rasa yang istimewa dimakan dengan nasi hangat atau burasnya Makassar.  Alamatnya di Jalan Ampera Raya No 25 Jakarta Selatan.
  4. Rumah Makan Marannu mungkin merupakan salah satu tempat Coto Makassar serta rumah makan khusus masakan  dari Makassar yang pertama di Kelapa Gading Jakarta karena telah berdiri dari tahun 1984. Memiliki menu khas Makassar yaitu Coto Makassar dan juga menu paling dicari banyak orang Jakarta yaitu Sop Konro dan Konro Bakar, serta menu dari olahan laut lainnya. Rumah makan yang luas dan pelayanan yang cepat akan membuat pengunjung lebih nyaman untuk bersantap makanan yang dipesan dan tambahan pesanan lainnya. Alamat Boulevard Raya Blok TA 2 No. 27, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
  5. Coto Makassar Ampera Daeng Memang, merupakan salah satu rumah makan Coto Makassar yang sudah berdiri sejak tahun 1992, menyajikan menu hidangan dari Makassar, Coto Makassar, Sop Konro, Konro Bakar dan juga hidangan laut lainnya dari Makassar. Alamat Jl. Ampera Raya No.17Y, Ragunan-Ps. Minggu, Jakarta Selatan.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber.



Pariwisatapariwisata lainnya

Berwisata Keluarga ke Taman Bunga Nusantara

access_time25 November 2018 23:04:45 folder_open 206

Air Terjun Curug Cikaso

access_time21 November 2016 14:05:27 folder_open 1.763

Pantai Sedahan Dan Pantai Greweng, Keindahan Alam Yang Tersembunyi

access_time29 Desember 2016 14:10:05 folder_open 1.743

Kulinerkuliner lainnya

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

Mi Instan Warung Telap 12, Disajikan Sesuai Gambar

access_time 10 Mei 2019 22:39:09 folder_open 39
Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

Garang Asem Kudus, Menyaingi Kretek dan Bulutangkis

access_time 02 April 2019 12:12:40 folder_open 105
Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

access_time 08 September 2017 10:25:47 folder_open 630




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu