Home / Wondeful Indonesia / Pariwisata / Coban Rondo, Air Terjun Sang Janda

Coban Rondo, Air Terjun Sang Janda


Coban Rondo, Air Terjun Sang Janda

Wisata air terjun Coban Rondo terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jarak dari kota Batu menuju lokasi adalah 12 km dan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Coban Rondo terletak pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau sampai dengan 150 liter per detik pada musim penghujan. Coban Rondo sebenarnya bagian dari kelompok air terjun bertingkat (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo).

Berdasarkan cerita turun-temurun, air terjun Coban Rondo memiliki kisahnya sendiri.  Tersebutlah seorang puteri bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang saling jatuh cinta. Keduanya memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan. Baru beberapa hari menjadi suami-istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang ada di Gunung Anjasmoro. Niat ini ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati. Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput. Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun.

Tidak hanya keindahan pemandangan saja yang ditawarkan oleh wisata ini, namun permainan permainan seru sekaligus menantang juga bisa didapatkan di sana. Wahana permainan yang tersedia di area air terjun Coban Rondo antara lain:

Fun tubing adalah berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung. Dalam menikmati wahana ini, setiap peserta akan diberikan dua perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung.

Paint Ball adalah sebuah permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari karet. Dalam melakukan permainan ini setiap peserta dilengkapi dengan baju serta berbagai macam perlengkapan pelindung lainnya.

Salah satu wahana yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga adalah wahana satwa dan Kebun. Di wahana ini wisatawan dapat memetik buah-buahan dan melihat beragam satwa.

Untuk HTM, objek wisata Coban Rondo mematok tarif sebagai berikut : wisatawan domestik Rp. 8.000, wisatawan asing Rp. 10.000, kendaraan roda dua Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat            Rp. 4.000

Terdapat juga penginapan dekat dengan lokasi di daerah Songgoriti, yang berjarak kurang lebih 5 – 8 km dari lokasi air terjun. Harga penginapan di daerah tersebut juga relatif murah, yaitu berkisar mulai dari Rp.150.000 an per malam. Ada juga beberapa villa Untuk kamu yang akan berwisata bersama dengan keluarga,  harga villa di sekitar tempat wisata tersebut mulai dari 1 jutaan. Selain hotel dan penginapan, bagi yang hobi berkemah, maka pihak pengelola Coban Rondo sudah mempersiapkan bumi perkemahan/camping ground di dekat kawasan wisata ini.

 

*Hendro Cahyono, dari berbagai sumber.



Pariwisatapariwisata lainnya

Goa Cerme, Tempat Wisata Dengan Sejarah Walisongo

access_time09 Februari 2017 16:26:17 folder_open 1.590

Asam Kumbang, Penangkaran Buaya Terbesar di Indonesia

access_time11 Mei 2019 00:15:30 folder_open 42

Pantai Glagah, Wisata Keluarga Dilengkapi Laguna Dan Agrowisata

access_time04 Juli 2017 13:27:54 folder_open 1.600

Kulinerkuliner lainnya

Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

Batagor Hanjuang, Jajanan Pinggir Jalan Rasa Restoran

access_time 27 Desember 2018 13:17:58 folder_open 341
Soto Banjar, Ikon Kuliner Kalimantan Selatan

Soto Banjar, Ikon Kuliner Kalimantan Selatan

access_time 22 Maret 2019 12:48:20 folder_open 123
Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

Ketoprak, Si Legenda Dengan Sejarah Samar

access_time 05 Maret 2019 13:05:20 folder_open 165




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu